PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI
4.0
Mortigor
Afrizal Purbaa, Agus Defriyando
Universitas
Putera Batam, Batam
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan memaparkan
pendidikan dan tantangan
pembelajaran berbasis teknologi informasi di Era Revoulusi Industri
4.0 dan kesiapan Indonesia menjawab tantangan pendidikan era revolusi industri
4.0 dalam membangun
sistem pembelajaran berbasis
teknologi informasi. Di Indonesia
kesiapan menghadapi tantangan
pendidikan era revolusi
industri 4.0 adalah
segera meningkatkan
kemampuan dan keterampilan
sumberdaya manusia melalui pendidikan
dengan melahirkan operator dan analis handal bidang manajemen pendidikan
sebagai pendorong kemajuan pendidikan
berbasis teknologi informasi
di Indonesia menjawab
tantangan Industri 4.0
yang terus melaju pesat.
Kebijakan manajemen pendidikan
di Indonesia saat
ini mendorong seluruh
level pendidikan, terutama pendidikan
tinggi untuk memanfaatkan
kemajuan teknologi digital
dan komputasi pendidikan era
revolusi industri keempat.
Beberapa solusi yang
bisa dilakukan antara lain, kesesuaian kurikulum dan
kebijakan dalam pendidikan, kesiapan SDM dalam memanfaatkan ICT, mengoptimalkan
kemampuan peserta didik, dan mengembangkan karakter peserta didik, serta dan
kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis digital.
Kata Kunci:Pendidikan; Pembelajaran; Teknologi
Informasi; Revolusi Industri 4.0.
Sumber:
SNISTEK 3 25 September 2020
Komentar
Posting Komentar