IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR
IMPLEMENTASI
PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASA
PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR
Manis
Kiptiawati Adha, Astuti Darmiyanti
Universitas
Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Abstrak
Pendidikan Agama Islam memainkan peran penting dalam
pendidikan karakter di sekolah dasar. Namun seiring merebaknya pandemic
Covid-19, internalisasi nilai-nlai pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI
terpaksa harus beradaptasi dan mengalami beragam perubahan, baik perencanaan,
desain, implementasi hingga penilaian dan beralihnya fungsi guru dan orangtua
siswa. Penelitian bertujuan menjelaskan pelaksanaan pendidikan karakter dalam
pembelajaran PAI selama masa pandemic Covid 19 di sekolah dasar. Penelitian
dilaksanakan di SDN Sukaraya 01, kabupaten Bekasi. Penelitian ini mengambil
pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui studi wawancara,
pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumentasi. Hasilnya menunjukkan
pembinaan karakter siswa dalam pembelajaran PAI dilaksanakan secara daring
menggunakan platform Zoom Meet dan Whatsapp Group. Karakter religius
ditanamakan dengan berdoa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, praktik
sholat dhuha di rumah, tadarus online berjamaah, dan penanaman nilai-nilai
toleransi dalam pembelajaran. Siswa diberikan tugas mandiri maupun kelompok
untuk menanamkan sikap mandiri dan gotong royong. Guru menanamkan pentingnya
sifat Rasulullah seperti shiddiq, tabligh, Amanah, dan fathonah untuk
menanamkan integritas. Dan siswa pun diajarkan cara mencintai budaya dan tanah
air sebagai wujud nasionalisme. Guru PAI bersama orangtua berkolaborasi dan
saling memperkuat peran dalam mendukung penguatan nilai-nilai pendidikan
karakter selama siswa melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR).
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, PAI, Sekolah Dasar
Sumber:
Jurnal Ilmu Pendidikan
Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022
Halm 917 – 924
Komentar
Posting Komentar