ANALISIS KETERCAPAIAN PENERAPAN KEBIJAKAN RPP SATU LEMBAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 10 MALANG
ANALISIS
KETERCAPAIAN PENERAPAN KEBIJAKAN RPP SATU LEMBAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI
SMP NEGERI 10 MALANG
Cahyo
Aulia Andi Putra, Trisakti Handayani, Budiono
Prodi
PPKn, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisa ketercapaian penerapan RPP satu lembar dalam proses
pembelajaran di SMP Negeri 10 Malang. Pada penelitian ini tujuan utama dari
penerapan kebijakan RPP satu lembar adalah untuk meningkatkan kualitas pada
proses dan hasil pembelajaran. Penelitian
ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif, yang
mana memanfaatkan data-data
yang dihimpun dan
dijabarkan secara terperinci.
Adapun data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
studi dokumentasi di SMP Negeri 10 Malang. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian terdapat empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data,
menyajikan data, dan
kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh
dalam penelitian ini yaitu (1) penerapan RPP satu lembar di SMP Negeri
10 Malang sudah berjalan cukup efektif dan diterapkan oleh keseluruhan guru,
(2) kesesuaian substansi dalam penyusunan RPP satu lembar sudah sesuai terhadap
standar proses dan surat edaran menteri pendidikan, (3)
tidak terdapat kendala
yang berarti dalam
penerapan RPP 1
lembar dalam mencapai
proses pembelajaran di
dalam kelas, dan
(4) dalam meningkatkan
kompetensi guru sekolah
mengadakan berbagai kegiatan pelatihan maupun workshop. Kesimpulan hasil
penelitian ini yakni penerapan RPP satu lembar di SMP Negeri 10 Malang berjalan
cukup efektif dan dapat membantu guru untuk mencapai target pembelajaran.
Kata Kunci: RPP satu
lembar; Ketercapaian; Pembelajaran
Sumber:
Jurnal Civic Hukum
Volume 7, Nomor 1, Mei
2022 Hal. 61-70
Komentar
Posting Komentar