Analisis Kebutuhan Pengembangan Media E- Learning Berbasis Telegram Pada Pokok Bahasan Hukum Newton di SMP
Analisis
Kebutuhan Pengembangan Media E- Learning Berbasis Telegram Pada Pokok Bahasan
Hukum Newton di SMP
Yuan
Akhmad Al-Furqansyah, Hadma Yuliani, dan N I Syar
Program
Studi Tadris Fisika/ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut
Agama Islam Negeri Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan
untuk 1) mengetahui kendala yang dialami siswa dalam memahami materi fisika
pada saat pandemi Covid-19; 2) mengidentifikasi media pembelajaran yang
digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas; 3) menganalisis media
pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran fisika; 4) mendeskripsikan
analisis kebutuhan pengembangan media e-learning berbasis telegram materi hukum
Newton di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan 3D dibatasi pada tahap define. Metode pengumpulan informasi
dan data yang digunakan yaitu memberikan angket online kepada siswa kelas VIII
dan IX di SMPN 11 Palangka raya. Teknik analisis yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat kendala
yang dialami siswa dalam memahami materi akibat sistem pembelajaran online yang
dilakukan pada saat pandemi Covid-19; 2) media pembelajaran yang digunakan
dalam proses pembelajaran meliputi:LMS google classroom dan PDF; 3) Software
e-learning perlu dikembangkan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi
hukum Newton untuk membantu dalam memahami materi; dan 4) Sebanyak 63,8% siswa
yang menggunakan media elearning menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan
80,9% siswa menyatakan elearning berbasis Telegram membantu memahami materi
fisika.
Kata kunci: Analisis
kebutuhan; E-learning; Hukum Newton; Telegram
Sumber :
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fisika
Vol 5 No 1 2021
hal 62-69
Komentar
Posting Komentar