ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG DI ERA PANDEMI COVID-19
ANALISIS
STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG DI ERA PANDEMI COVID-19
(STUDI
PADA UMKM KERIPIK SUMBER REZEKI)
Yuni
Afandrianti Maulida, Habiburahman
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung
Abstrak
Strategi pengembangan
pembiayaan serta pemberdayaan
UMKM dibutuhkan untuk
menghadapi banyaksekali
problem pada pengembangan UMKM. Kegiatan
pemasaran UMKM Keripik
Sumber Rezeki mengalami penurunan,
terbukti menggunakan homogen-homogen pendapatan
bulanan pemegang UMKM belum
sesuai harapan. Apalagi
pada masa pandemi
Covid-19 berdampak di turunnya daya beli warga serta turunnya
pendapatan UMKM Keripik Sumber Rezeki pada Gang PU Sentra Keripik
Bandar Lampung. Tujuan
survei untuk menggambarkan
taktik pemasaran pada
era pandemi Covid-19 di
UKM Keripik Sumber
Rezeki di Sentra
Keripik Gang PU
Kota BandarLampung. Survei
memakai metode survei kualitatif, informan pada survei yaitu pemilik usaha
Keripik Sumber Rezeki Gg. Pekerjaan umum Kota Bandar Lampung serta 2 pesaing
menggunakan toko sama serta tak jauh secara geografis. Analisis data memakai
analisis SWOT. sesuai akibat analisis SWOT, UKM Keripik Sumber Rezeki
menggunakan taktik SO sebab berada di Kuadran I yaitu menggunakan
memanfaatkan kekuatan buat
menangkap peluang ada,
menggunakan memanfaatkan UKM
Keripik Sumber Rezeki buat
mempertinggi kualitas produk,
buat menarik konsumen
supaya membeli pada jumlah banyak, menjaga loyalitas
pelanggan buat mempertinggi penjualan serta laba usaha, menjaga kebersihan
serta pelayanan baik, mempertinggi pelayanan baik buat menarik lebih banyak
pelanggan, bekerja sama dengan baik menggunakan pemasok, serta menjaga
pengelolaan keuangan baik.
Kata Kunci: Strategi,
Pemasaran, Era pandemi Covid-19, UMKM
Sumber:
SIBATIK JOURNAL
VOLUME 1 NO.4 (MARET2022)
Komentar
Posting Komentar