ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG DI ERA PANDEMI COVID-19

 

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG DI ERA PANDEMI COVID-19

(STUDI PADA UMKM KERIPIK SUMBER REZEKI)

Yuni Afandrianti Maulida, Habiburahman

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung

Abstrak

Strategi  pengembangan  pembiayaan  serta  pemberdayaan  UMKM  dibutuhkan  untuk  menghadapi banyaksekali  problem  pada  pengembangan UMKM.  Kegiatan  pemasaran  UMKM  Keripik  Sumber Rezeki   mengalami   penurunan,   terbukti   menggunakan   homogen-homogen   pendapatan   bulanan pemegang  UMKM  belum  sesuai  harapan.  Apalagi  pada  masa  pandemi  Covid-19  berdampak  di turunnya daya beli warga serta turunnya pendapatan UMKM Keripik Sumber Rezeki pada Gang PU Sentra  Keripik  Bandar  Lampung.  Tujuan  survei  untuk  menggambarkan  taktik  pemasaran  pada  era pandemi  Covid-19  di  UKM  Keripik  Sumber  Rezeki  di  Sentra  Keripik  Gang  PU  Kota  BandarLampung. Survei memakai metode survei kualitatif, informan pada survei yaitu pemilik usaha Keripik Sumber Rezeki Gg. Pekerjaan umum Kota Bandar Lampung serta 2 pesaing menggunakan toko sama serta tak jauh secara geografis. Analisis data memakai analisis SWOT. sesuai akibat analisis SWOT, UKM Keripik Sumber Rezeki menggunakan taktik SO sebab berada di Kuadran I yaitu menggunakan memanfaatkan  kekuatan  buat  menangkap  peluang  ada,  menggunakan  memanfaatkan  UKM  Keripik Sumber  Rezeki  buat  mempertinggi  kualitas  produk,  buat  menarik  konsumen  supaya  membeli  pada jumlah banyak, menjaga loyalitas pelanggan buat mempertinggi penjualan serta laba usaha, menjaga kebersihan serta pelayanan baik, mempertinggi pelayanan baik buat menarik lebih banyak pelanggan, bekerja sama dengan baik menggunakan pemasok, serta menjaga pengelolaan keuangan baik.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Era pandemi Covid-19, UMKM

 

Sumber:

SIBATIK JOURNAL

VOLUME 1 NO.4 (MARET2022)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan