ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP MATA PELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19
ANALISIS
MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP MATA PELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI
COVID-19
Rizki
Rahayu Dalimunthe, Risma Delima Harahap, Dahrul Aman Harahap
Pendidikan
Biologi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Labuhan Batu
(ULB)
Abstrak
Minat belajar merupakan faktor yang sangat penting
dalam keberhasilan belajar. Pada masa pandemi COVID 19, minat
belajar siswa mengalami
penurunan di karenakan
pembelajaran yang dilakukan
secara daring. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas VI di Sekolah Dasar (SD)
Mis Al Washliyah Padang Matinggi pada mata pelajaran IPA. Subjek dalam
penelitian adalah siswa kelas VI sebanyak 39 orang. Jenis penelitian
ini adalah penelitian
kualitatif. Teknik pengambilan
sampel yaitu purposive
sample menggunakan observasi, wawancara dan angket sebagai data
pendukung. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan empat
indikator didapatkan yaitu
perasaan senang terhadap
mata pelajaran IPA
sebesar 89,74%, perhatian siswa
terhadap guru dengan metode daring (zoom, google meet,diskusi grup
whatsapp,penugasan dan lain lain) sebesar 94,87%, siswa semangat mengikuti mata
pelajaran IPA dimasa pandemi COVID-19 sebesar 89,74 %. Dan terakhir sumber
pembelajaran IPA sebesar 89,74%. Berdasarkan hasil tersebutdapat disimpulkan
minat belajar siswa kelas VI di Sekolah
Dasar (SD) Mis Al Washliyah Padang Matinggi terhadap mata pelajaran IPA terpadu
pada masa pandemi COVID-19 adalah sangat tinggi.
Kata Kunci: belajar, minat, Pembelajaran IPA
JURNAL BASICEDU
Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021
Halaman 1341-1348
Komentar
Posting Komentar