PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL
PERAN
GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP
MUKA ERA NEW NORMAL
Ega
Sriwidianti1, Benny Dwi Lukitoaji2
Universitas
PGRI Yogyakarta, Indonesia
ABSTRAK
Tujuan
artikel untuk menjelaskan
peran guru sekolah
dasar dalam meningkatkan
disiplin siswa pada pembelajaran tatap muka di era new
normal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian
tinjauan literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis
kualitatif. Hasil menunjukkan
bahwa peran guru
dalam menanamkan kedisiplinan belajar,
yaitu bersikap tertib
atau disiplin pada
waktu tertentu, dan
menunjukkan sikap dan perilaku disiplin, yang diwujudkan dengan
setia di kelas sampai jam pelajaran, tidak membolos, tertib, tidak ributdi
kelas, dll. Guru berperan khusus dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa,
seperti mengajar dan mendidik siswa untuk mentaati aturan secara verbal dan
nonverbal melalui teladan hidup yang disiplin, menjadi panutan
dalam kedisiplinan, serta
membimbing dan memotivasi
siswa untuk menyadari pentingnya belajar. Disiplin untuk
berhasil. dalam belajar. Tanpa disiplin belajar, siswa tidak dapat berhasil dalam studinya.
Oleh karena itu,
orang tua dan
guru harus membudayakan
dan mengembangkan kedisiplinan
sejak dini, agar anak memiliki kebiasaan belajar yang teratur, dan tentunya
kita juga berharap mereka dapat meraih hasil yang memuaskan.
Kata Kunci: Disiplin, Pembelajaran Tatap Muka, New
Normal
Sumber:
Berajah Journal
Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri
Volume 3 Nomor 1 (2023)
Komentar
Posting Komentar