ANALISIS PASAR SEMPURNA DAN TIDAK SEMPURNA PT.PLN MEDAN, JAMBI 1991
ANALISIS
PASAR SEMPURNA DAN TIDAK SEMPURNA PT.PLN MEDAN, JAMBI 1991
Oleh:
Neli
Mafatikun Nikmah
IAIN
PONOROGO, Ekonomi Syariah,
Jl.
Puspita Jaya, Krajan, Pintu, Kec. Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
63492
ABSTRAK
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.
Penelitian ini menjelaskan penelitian pasar sayur di Medan dan Pasar monopoli
PT.PLN di Jambi. Di dalam laporan ini disajikan beberapa data mengenai pasar
dan data akses pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mekanisme pasar,
keadaan jumlah pembeli dan penjual, akses pasar bagi para penjual baru dan
kemampuan penjual dalam menentukan harga di pasar. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan kajian pustaka melalui penjabaran analisa deskriptif
untuk mengetahui dan mengkaji secara detail bagaimana pola PT.PLN Medan dan
Jambi menggunakan pola pasar dalam penerapan kinerja pelayanan pada masyarakat dan
bagaimana pula dampaknya yang dirasakan. Penelitian ini masih perlu kembali dikembangkan
sebagai media pengembangan secara akademik maupun saran tata kelola di PT.PLN
secara umum maupun PT.PLN Medan dan Jambi pada khususnya. Hasil penelitian
menunjukkan adanya korelasi dari pola penerapan pasar sempurna dan tidak sempurna
yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja oleh pihak PT.PLN Medan dan
Jambi sebagai bentuk penerapan yang disesuaikan dengan Undang-Undang dan Perpu Daerah
masing-masing sehingga terkait segala hal penerapan menjadi reaksi pasar pada masyarakat
dimana masyarakat tetap mengikuti aturannya dan menerima konsekuensinya jika
terjadi pelanggaran atas aturan yang diterapkan PT.PLN.
Kata Kunci: pasar sempurna; pasar tidak sempurna;
harga; mekanisme harga
Sumber:
Jurnal Lentera Bisnis
Volume 9 No 2, November 2020
Komentar
Posting Komentar