ANALISIS KESULITAN GURU KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT
ANALISIS
KESULITAN GURU KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
MICROSOFT POWERPOINT
Warkintin,
Muhammad Rian Subekti, Dewi Purwantari
Program
Studi PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan
kemampuan guru dalam merancang Microsoft Powerpoint sebagai media pembelajaran.
(2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan guru kelas V dalam
membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. (3) Mendeskripsikan
Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan guru kelas V dalam
membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan guru kelas V dalam membuat
media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru kelas V dalam membuat media
pembelajaran masih kurang karena guru kelas V hanya mengetahui 36% fungsi dari
menu-menu yang ada pada Microsoft Powerpoint. (2) Faktor penyebab kesulitan
guru kelas V dalam membuat media pembelajaran terdapat dua faktor yakni faktor
internal dan faktor eksternal. (3) Upaya yang dilakukan guru kelas V ialah
bertanya kepada teman dewan guru yang lainnya yang dianggap lebih menguasai
media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint serta Browsing di internet
terkait cara mengaplikasikan Microsoft Powerpoint. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 7 Pelaik Kecamatan
Kayan Hilir Kabupaten Sintang hanya menguasai 36% dari menu-menu yang ada pada
Microsoft Powerpoint sehingga menyebabkan guru tersebut mengalami kesulitan
serta memiliki kemampuan yang kurang dalam membuat media pembelajaran berbasis
Microsoft Powerpoint.
Kata Kunci: Kesulitan, Media, Pembelajaran, Microsoft
Powerpoint
Sumber :
JUTECH (Journal Education and Technology)
Volume 3, Nomor 1, Juni 2022
Komentar
Posting Komentar