Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK
Meta
Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
SMK
Aulya
Chasovy1, Fadia kalma Lailani2, Febri Ananda3,
Nizwardi Jalinus4, Rijal Abdullah5
1,2,3,4,5Pascasarjana
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk
mengkaji tentang bagaimana
pengaruh dari model
pembelajaran terhadap
kemampuan berpikir kritis
siswa di Sekolah
Menengah Kejuruan(SMK). Metode
dari penelitian ini
adalah meta analisis. Metode ini menggabungkan beberapa penelitian
sebelumnya, dengan variabel penelitian yang sama, untuk mendapatkan suatu kesimpulan.Artikel
yangdianalisis berjumlah11 artikel, yang dikumpulkan melalui Google Scholar.
Hasil akhir daripenelitian ini adalah didapatkannya nilai Effect size(ES)dari
masing-masing variabel penelitian.
Nilai ES
dikelompokkan berdasarkan tiga
kategori, yaitu berdasarkan tingkatan kelas, mata pelajaran,
dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil
analisis artikel yang
sudah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwapenggunaanmodel pembelajaran memilikirata-rataEffectSize (ES)
paling tinggi pada kelas
Xdengan nilai 2,084,
penggunaan model pembelajaran
pada mata pelajaran
akutansi memiliki nilai rata-rata
ES yang paling tinggi di antara yang lainnya yaitu sebesar 2,27, dan model
pembelajaran yang memiliki nilai rata-rata ES tertinggi adalah Think Pair Share
(TPS)dengan nilai 2,79.
Kata kunci: Model pembelajaran; Kemampuan berpikir
kritis; SMK
Sumber:
Jurnal Pendidikan dan Konseling
Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023
Komentar
Posting Komentar