Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK

 

Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK

Aulya Chasovy1, Fadia kalma Lailani2, Febri Ananda3, Nizwardi Jalinus4, Rijal Abdullah5

1,2,3,4,5Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang

 

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengkaji  tentang  bagaimana  pengaruh  dari  model  pembelajaran  terhadap kemampuan  berpikir  kritis  siswa  di  Sekolah  Menengah  Kejuruan(SMK).  Metode  dari  penelitian  ini  adalah meta analisis. Metode ini menggabungkan beberapa penelitian sebelumnya, dengan variabel penelitian yang sama, untuk mendapatkan suatu kesimpulan.Artikel yangdianalisis berjumlah11 artikel, yang dikumpulkan melalui Google Scholar. Hasil akhir daripenelitian ini adalah didapatkannya nilai Effect size(ES)dari masing-masing  variabel penelitian. Nilai  ES  dikelompokkan  berdasarkan  tiga  kategori,  yaitu  berdasarkan tingkatan kelas, mata  pelajaran,  dan  model  pembelajaran. Berdasarkan  hasil  analisis  artikel  yang  sudah  dilakukan, dapat  disimpulkan  bahwapenggunaanmodel pembelajaran memilikirata-rataEffectSize  (ES)  paling  tinggi pada  kelas  Xdengan  nilai  2,084,  penggunaan  model  pembelajaran  pada  mata  pelajaran  akutansi  memiliki nilai rata-rata ES yang paling tinggi di antara yang lainnya yaitu sebesar 2,27, dan model pembelajaran yang memiliki nilai rata-rata ES tertinggi adalah Think Pair Share (TPS)dengan nilai 2,79.

Kata kunci: Model pembelajaran; Kemampuan berpikir kritis; SMK

 

Sumber:

Jurnal Pendidikan dan Konseling

Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan