Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pembelajaran Sains di SMK Negeri Kabupaten Pekalongan
Pengaruh
Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pembelajaran Sains di SMK
Negeri Kabupaten Pekalongan
Akhyat
Hidayat1,2*, Ngurah Ayu Nyoman Murniati2, Ghufron
Abdullah3
1SMKN
1 Sragi, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah
2Universitas
PGRI Semarang, Jawa Tengah
ABSTRAK
Kinerja guru
dalam proses belajar mengajar sains merupakan indikator penting mencapai
tujuan pendidikan. Faktor-fakor yang diduga mempengaruhi peningkatan kinerja
guru dalam pembelajaran sains antara lain disiplin kerja dan motivasi
kerja seorang guru. Hal inilah
yang melatarbelakangi penelitian terkait rendahnya kinerja
guru dalam pembelajaran sains di
SMKN se Kab.
Pekalongan. Penelitian ini
bertujuan menganalisa pengaruh
disiplin kerja (X1)
terhadap kinerja
pembelajaran sains (Y),motivasi
kerja (X2) terhadap
kinerja pembelajaran
sains(Y), dan pengaruh keduanya secara bersama terhadap kinerja pembelajaran
sains (Y) di SMKN
se Kab. Pekalongan. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif
korelasional dengan sampel 160 gurudari seluruh sekolah menengah kejuruan negeri
di Kab. Pekalongan. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik pengambilan acak yang
semua uji korelasinya menggunakan
bantuan program SPSS. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara
disiplin kerja (X1) terhadap kinerja pembelajaran sains (Y) sebesar 56,6%
dengan dimensi yang paling lemah adalah taat aturan waktu, korelasi
antaramotivasi kerja (X2) terhadap kinerja
pembelajaran sains (Y) sebesar
8,9% dengan kelemahan
pada dimensi motivasi
intrinsik, dan korelasi yang signifikan antara kedua variabel
X1 dan X2
secara bersamaan terhadap
kinerja pembelajaran sains (Y)
di SMKN se
Kab. Pekalongan sebesar 56,2% dengan
persamaan regresi Ŷ= 18,787 +
2,083 X1+ 0,154
X2. Berdasarkan hasil penelitian,
peneliti memberikan rekomendasi
bahwa guru hendaknya meningkatkan
kedisiplinan, motivasi, prestasi
dalam melaksanakan pekerjaan
dengan penuh rasa tanggung jawabdan pimpinan sekolah senantiasa memantau
kinerja guru dalam pembelajaran sains dan memberikan dorongan supaya para guru
termotivasi dalam meningkatkan disiplin kerja. selain itu, Pemerintah
hendaknya memberikan pembinaan intensif
kepada sekolah terkait
kedisiplinan dan
menganggarkan dana untuk
kegiatan yang menumbuhkan motivasi guru
untuk berprestasi dan meningkatkan kinerjanya.
Kata kunci: Pengaruh; Disiplin Kerja Guru;
Motivasi Kerja Guru; Kinerja Pembelajaran Sains; KabupatenPekalongan
Sumber:
PENDIPA Journal of Science Education, 2022: 6 (3), 719-732
Komentar
Posting Komentar