Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar
Analisis
Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar
Itsna
Oktaviyanti1, Dara Aryanti Amanatulah2, Nurhasanah3,
Setiani Novitasari4
Universitas
Mataram, Indonesia1,2,3,4
Abstrak
Banyak siswa SD kelas II yang belum lancar membaca
teks sederhana, kesulitan membedakan bentuk huruf dan sulit
membaca huruf konsonan.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan
Membaca Permulaan Siswa Kelas
II SDN 23
Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian
ini adalah penelitian
kuantitatif dengan bentuk
desain Quasi Experiment
dan rancangan penelitian menggunakan
Nonequivalent control grup.
Teknik pengambilan sampel
menggunakan sampling jenuh.
Metode engumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest pada kelas kontrollebih
rendah yakni 44,68 dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yakni
68,65. Teknik analisis
data menggunakan t-test
sampel independen dengan
taraf signifikan 5% dengan
berbantuan SPSS versi
21,0. Nilai t-hitung
3,304 > t-tabel
1,681 yang artinya
Ha diteriman dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca
Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: media gambar; membaca permulaan; siswa sd
Sumber:
JURNAL BASICEDU
Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022
Halaman 5589-5597
Komentar
Posting Komentar