Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

 

Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Itsna Oktaviyanti1, Dara Aryanti Amanatulah2, Nurhasanah3, Setiani Novitasari4

Universitas Mataram, Indonesia1,2,3,4

 

Abstrak

Banyak siswa SD kelas II yang belum lancar membaca teks sederhana, kesulitan membedakan bentuk huruf dan  sulit  membaca  huruf  konsonan.Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  Pengaruh  Media  Gambar Terhadap  Kemampuan  Membaca  Permulaan  Siswa Kelas  II  SDN  23  Ampenan Tahun  Pelajaran  2019/2020. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  dengan  bentuk  desain  Quasi  Experiment  dan  rancangan penelitian  menggunakan  Nonequivalent  control  grup.  Teknik  pengambilan  sampel  menggunakan  sampling jenuh. Metode engumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest pada kelas kontrollebih rendah yakni 44,68 dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas  eksperimen  yakni  68,65.  Teknik  analisis  data  menggunakan  t-test  sampel  independen  dengan  taraf signifikan  5%  dengan  berbantuan  SPSS  versi  21,0.  Nilai  t-hitung  3,304  >  t-tabel  1,681  yang  artinya  Ha diteriman dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan  Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: media gambar; membaca permulaan; siswa sd

 

Sumber:

JURNAL BASICEDU

Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022

Halaman 5589-5597

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan