Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring
Analisis
Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring
Ulya
Zainus Syifa*, Sekar Dwi Ardianti, Siti Masfuah
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
Abstrak
Pendidikan karakter
merupakan aspek penting
yang harus diintegrasikan dalam pembelajaran. Salah satu nilai karakter
yang dianggap penting
dalam menunjang kegiatan pembelajaran yaitu
Tanggung Jawab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis tanggung jawab
siswa sekolah dasar
di masa pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunkan
jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan subjek penelitian
lima orang tua
dan lima anak
sekolah dasar. Penelitian
ini telah dilaksanakan di
Desa Blimbing Kidul
RT 4 RW
2 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus.
Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa
selama pandemi tidak semua
anak memilik sikap
disiplin dan tanggung
jawab yang baik
selama pembelajaran daring. Sebelum
pembelajaran daring siswa
menaati tata tertip
dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Faktor yang menghambat
penanaman tanggung jawab siswa adalah
dari faktor eksternal
yaitu handphone. Faktor internal
yang mempengaruhi tanggung jawab adalah rasa malas dalam diri siswa yang
menyebabkan siswa menunda menyelesaikan tugas sekolah.
Kata Kunci: tanggung jawab; pembelajaran daring
Sumber:
Jurnal Educatio
Vol.8, No.8, 2022, pp. 568-577
Komentar
Posting Komentar