Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon

 

Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon

Syahidin1, Adnan2.

1’2’Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Gajah Putih, Blang Bebangka Kecamatan Pegasing, 24560, Aceh Tengah

 

Abstrak:

Identifikasi  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah bagaimanakah  pengaruh  harga terhadap  kepuasan  pelanggan  pada  Bengkel  Andika  Teknik  Kemili  Bebesen  Takengon  dan Bagaimanakah  pengaruh  lokasi  terhadap  kepuasan  pelanggan  pada  Bengkel  Andika  Teknik Kemili Bebesen Takengon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon, dan Untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Andika Teknik Kemili    Bebesen    Takengon.    Penelitian    ini    menggunakanmetode    kuantitatif,    dengan menggunakan data harga dan lokasi pada usaha Bengkel Andika Teknik Kemili Takengon. Data dikumpulkan  menggunakan  wawancara  dan  quesioner.  Analisis  data  yang  digunakan  adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian signifikan menggunakan uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi R 2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh Persamaan regresi linier  berganda  Y  =  0,359X1  +  0,249X2.  Nilai  koefisien  regresi  variabel  harga  sebesar  0,359 bernilai  positif  mempunyai  arti  bahwa  jika  persepsi  terhadap  harga  semakin  baik,  maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Nilai koefisien regresi variabel pelayanan sebesar 0,249 bernilai  positif  mempunyai  arti  bahwa  jika  persepsi  terhadap  lokasi  semakin  baik,  maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Uji parsial (Uji t), dari hasil pengujian terhadap koefisien regresi  dengan  thitung  didapat  nilai  thitung  harga  sebesar  4,879  (X1)  >  ttabel  1,991atau  Sig (0,000) < α (0,05), maka Ha diterima dan thitung lokasi sebesar 3,383 (X2) > ttabel 1,991atau Sig (0,001) < α (0,05), maka Ha diterima. Dengan demikian variabel harga dan lokasi secara parsial  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  kepuasan  pelanggan  pada  Bengkel  Andika Teknik  Kemili  Bebesen  Takengon.  Uji  Simultan  (Uji  F),  dari  uji  Anova  dapat  diketahui  nilai Fhitung sebesar 40,337 > Ftabel sebesar 3,110, atau Sig (0,000) < α (0,05), terletak di daerah penolakan sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti variabel harga dan lokasi secara serempak  atau  simultan  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  kepuasan  pelanggan  pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Uji Koefisien Determinasi (R 2 ), nilai adjusted R  square  adalah  0,584.  Hal  ini  menyatakan  58,4%  kepuasan  pelanggan  dapat  dijelaskan  oleh variabel  harga  dan  lokasi.  Sisanya  41,6%  disebabkan  oleh  variabel  lainnya  seperti  kualitas pelayanan yang tidak dihitung sehingga tidak termasuk dalam kajian penelitian ini. Kesimpulan bahwa  variabel  harga  dan  lokasi  mempunyai  pengaruh  yang  signifikan  terhadap  kepuasan pelanggan pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon.

Kata Kunci: Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan


Sumber:

Jurnal GPJER,

Vol 4 No 1 Mei2022 pp 20-32

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan