Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon
Analisis
Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika
Teknik Kemili Bebesen Takengon
Syahidin1,
Adnan2.
1’2’Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Gajah Putih, Blang Bebangka Kecamatan Pegasing,
24560, Aceh Tengah
Abstrak:
Identifikasi
masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimanakah pengaruh
harga terhadap kepuasan pelanggan
pada Bengkel Andika
Teknik Kemili Bebesen
Takengon dan Bagaimanakah pengaruh
lokasi terhadap kepuasan
pelanggan pada Bengkel
Andika Teknik Kemili Bebesen
Takengon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh
harga terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen
Takengon, dan Untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada
Bengkel Andika Teknik Kemili
Bebesen Takengon. Penelitian ini
menggunakanmetode
kuantitatif, dengan menggunakan
data harga dan lokasi pada usaha Bengkel Andika Teknik Kemili Takengon. Data
dikumpulkan menggunakan wawancara
dan quesioner. Analisis
data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian signifikan
menggunakan uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi R 2 . Hasil
penelitian menunjukkan bahwa diperoleh Persamaan regresi linier berganda
Y = 0,359X1
+ 0,249X2. Nilai
koefisien regresi variabel
harga sebesar 0,359 bernilai positif
mempunyai arti bahwa
jika persepsi terhadap
harga semakin baik,
maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Nilai koefisien regresi variabel
pelayanan sebesar 0,249 bernilai
positif mempunyai arti
bahwa jika persepsi
terhadap lokasi semakin
baik, maka kepuasan pelanggan
akan meningkat. Uji parsial (Uji t), dari hasil pengujian terhadap koefisien
regresi dengan thitung
didapat nilai thitung
harga sebesar 4,879
(X1) > ttabel
1,991atau Sig (0,000) < α
(0,05), maka Ha diterima dan thitung lokasi sebesar 3,383 (X2) > ttabel 1,991atau
Sig (0,001) < α (0,05), maka Ha diterima. Dengan demikian variabel harga dan
lokasi secara parsial berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan
pelanggan pada Bengkel
Andika Teknik Kemili Bebesen
Takengon. Uji Simultan
(Uji F), dari
uji Anova dapat
diketahui nilai Fhitung sebesar
40,337 > Ftabel sebesar 3,110, atau Sig (0,000) < α (0,05), terletak di
daerah penolakan sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti variabel
harga dan lokasi secara serempak atau simultan
berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan pelanggan
pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Uji Koefisien
Determinasi (R 2 ), nilai adjusted R
square adalah 0,584.
Hal ini menyatakan
58,4% kepuasan pelanggan
dapat dijelaskan oleh variabel
harga dan lokasi.
Sisanya 41,6% disebabkan
oleh variabel lainnya
seperti kualitas pelayanan yang
tidak dihitung sehingga tidak termasuk dalam kajian penelitian ini. Kesimpulan
bahwa variabel harga
dan lokasi mempunyai
pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel
Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon.
Kata Kunci: Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan
Sumber:
Jurnal GPJER,
Vol 4 No 1 Mei2022 pp 20-32
Komentar
Posting Komentar