ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEDIASI OLEH KEPERCAYAAN PELANGGAN APOTEK MERCKE’LKOLONGAN
ANALISIS
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEDIASI
OLEH KEPERCAYAAN PELANGGAN APOTEK MERCKE’LKOLONGAN
Oleh:
Indah
S. M Maramis1
Lisbeth
Mananeke2
Sjendry
S. R Loindong3
123Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen
Universitas
Sam Ratulangi Manado
Abstrak:
Kompetisi UKM pada bidang industri kesehatan khususnya
layanan ritel produk kesehatan seperti apotek pada masa pasca pandemi Covid-19
juga harus melakukan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan perilaku
konsumen saat ini. Khususnya dalam meningkatkan tingkat konsumen untuk memilih
serta membeli di apotek tersebut. Untuk itu perlu dilakukan banyak kajian baru
di bidang pemasaran untuk memperoleh gambaran situasi perilaku konsumen di era
new normal ini. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh citra
merek, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh
kepercayaan pelanggan Apotek Mercke’l. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif berupa penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian diambil
dengan rumus Slovin dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel
berupa purposive sampling. Survey dibagikan secara daring menggunakan Google Form
pada para pelanggan Apotek Merkce’l. Analisis data berupa uji validitas dan
reliabilitas, serta analisis jalur menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) citra merek dan kualitas layanan berpengaruh langsung
secara signifikan terhadap kepercayaan pelanggan baik secara parsial (individu)
maupun secara simultan (bersama-sama) pada pelanggan Apotek Mercke’l; (2) citra
merek dan kualitas layanan berpengaruh signifikan baik langsung maupun secara
tidak langsung terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh kepercayaan
pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan pada pelanggan Apotek
Mercke’l; (3) kepercayaan pelanggan berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian
pada pelanggan Apotek Mercke’l.
Kata Kunci: Citra merek, kualitas layanan, kepercayaan
pelanggan, keputusan pembelian, apotek
Sumber:
Jurnal EMBA
Vol.10 No.1 Januari 2022, Hal.39 – 48
Komentar
Posting Komentar