Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas layanan, Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam

 

Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas layanan, Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam

Robby Kurniawan

Universitas Internasional Batam, Indonesia

Mohammad Assadikul Auva

Universitas Internasional Batam, Indonesia

 

Abstrak

Kota Batam dikenal dengan  kota industri, Kota Batam saat ini sedang berkembang  di  sektor  pariwisata maka tentunya tidaklah heran bila banyaknya wisatawan lokal ataupun mancanegara berdatangan ke kota batam ini. Sebagai kota yang berkembang di sektor pariwisata tentunya harus  menyediakan  kebutuhan  para  wisatawan,  salah  satunya  adalah restoran. Adanya  perkembangan  restoran  seafood  membuat  penulis melaksanakan suatu penelitian guna  melakukan  penganalisaan terkait pengaruh kepuasan, kualitas  pelayanan serta nilai  harga pada loyalitas pelanggan  di  Kota  Batam. Kelompok  sasaran  penelitian  ini  adalah warga  Kota  Batam  yang  pernah  makan  di  restoran  seafood,  dengan jumlah  sampel  400  partisipan.  Data  dikumpulkan  melalui  penyebaran survei  melalui  berbagai  platform  media  sosial  dalam  bentuk Google Sheets dan  IBM  SPSS Statistics23  sebagai  alat  pemrosesan  data. Temuan   penelitian   ini   menunjukkan   bahwa   kepuasan pelanggan, kualitas  layanan,  dan  nilai  harga  semua mampu  memberi  pengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan. 

Kata Kunci: Kepuasan, Kualitas layanan, Nilai harga, Loyalitas, Restoran seafood

 

Sumber:

Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 2, Juni 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan