Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Analisis
Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran
Tatap Muka Terbatas
Dinny
Sela Seftiani1, Din Azwar Uswatun2, Arsyi Rizqia Amalia3
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1,2,
Abstrak
Penelitian
yang dilakukan ini
memiliki tujuan untuk
membandingkan motivasi belajar
siswa pada saat pembelajaran jarak
jauh dan pembelajaran
tatap muka terbatas
yang menggunakan metode penelitian mix methods. Metode mix
methodsmerupakan metode penelitian perpaduan antara metode penelitian
kualitatif dan kuantitatif yang sudah sering dilakukan oleh banyak penelitian.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Leuweung Datar dengan kelas 6 yang berjumlah
46 orang pada semester genap 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan angket dan
observasi. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis
data dengan uji
Independent Sample T-Test dibantu
dengan aplikasi SPSS
dan deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian
ini adalah nilai (t[90]
= -0,846; p ,<
0,400). PTMT (M=112,48;
SD=10,38) memiliki motivasi
belajar yang lebih
tinggi dibanding PJJ (M=110,72;
SD=9,56). Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran tatap muka terbatas dapat lebih memotivasi siswa
daripada pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, pembelajaran tatap muka
terbatas dapat lebih memotivasi belajar siswa dibandingkan pembelajaran jarak
jauh di sekolah dasar.
Kata Kunci: motivasi belajar, PJJ, PTMT
Sumber:
JURNAL BASICEDU
Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022
Halaman6412 -6418
Komentar
Posting Komentar