Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

 

Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Dinny Sela Seftiani1, Din Azwar Uswatun2, Arsyi Rizqia Amalia3

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia1,2,

 

Abstrak

Penelitian  yang  dilakukan  ini  memiliki  tujuan  untuk  membandingkan  motivasi  belajar  siswa  pada  saat pembelajaran  jarak  jauh  dan  pembelajaran  tatap  muka  terbatas  yang menggunakan  metode  penelitian mix methods. Metode mix methodsmerupakan metode penelitian perpaduan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang sudah sering dilakukan oleh banyak penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Leuweung Datar dengan kelas 6 yang berjumlah 46 orang pada semester genap 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya menggunakan  angket  dan  observasi.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  analisis  data  dengan  uji  Independent Sample  T-Test  dibantu  dengan  aplikasi  SPSS  dan  deskriptif  kualitatif.  Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  nilai (t[90]  = -0,846;  p  ,<  0,400).  PTMT  (M=112,48;  SD=10,38)  memiliki  motivasi  belajar  yang  lebih  tinggi dibanding  PJJ  (M=110,72;  SD=9,56).  Dengan  demikian,  dapat  disimpulkan  bahwa  pembelajaran  tatap  muka terbatas dapat lebih memotivasi siswa daripada pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, pembelajaran tatap muka terbatas dapat lebih memotivasi belajar siswa dibandingkan pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar.

Kata Kunci: motivasi belajar, PJJ, PTMT

 

Sumber:

JURNAL BASICEDU

Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022

Halaman6412 -6418

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan