PENGARUH METODE BOTTOM-UP PROCESSES READING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI
PENGARUH
METODE BOTTOM-UP PROCESSES READING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP KEMAMPUAN
LITERASI AWAL ANAK USIA DINI
Fandilatul
Rahmawati1, Nur Ainy Fardana Nawangsari2
Universitas
Airlangga
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh metode bottom-up
processes reading dengan media kartu
terhadap kemampuan literasi
awal anak usia
dini. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan
desain one group pretest
posttestdan partisipan dalam penelitian
ini berjumlah 13dengan
rata-rata usia subjek
5,3 tahun. Alat
ukur yang digunakan
adalah tes get ready
to read dari Whitehurst &
Lonigan (2001) untuk
mengukur kemampuan literasi
awal dan modul
eksperimen yang disusun oleh
penulis sesuai dengan literatur metode bottom-up processes readingserta telah
melalui proses professional judgment. Teknik analisis menggunakan uji analisis
wilcoxondan hasilnya menunjukkan nilai signifikansi 0,001
(p<0,05) dan nilai
rata-rata posttest naik
sebesar 3,85. Kesimpulan
dari penelitian ini terdapat
pengaruh yang positif
dari metode bottom-up processes
reading dengan media kartu
terhadap kemampuan literasi awal pada anak usia dini.
Kata Kunci: literasi awal, metode bottom-up processes
reading, media kartu, anak usia dini
Sumber:
Jurnal Ilmu Psikologi danKesehatan
(SIKONTAN)
Volume 1 Nomor 2 (2022)
Komentar
Posting Komentar