PENGARUH METODE BOTTOM-UP PROCESSES READING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI

 

PENGARUH METODE BOTTOM-UP PROCESSES READING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI

Fandilatul Rahmawati1, Nur Ainy Fardana Nawangsari2

Universitas Airlangga

 

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh  metode bottom-up processes  reading dengan  media kartu  terhadap  kemampuan  literasi  awal  anak  usia  dini.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif eksperimen  dengan  desain one  group  pretest  posttestdan partisipan  dalam  penelitian  ini  berjumlah  13dengan  rata-rata  usia  subjek  5,3  tahun.  Alat  ukur  yang  digunakan  adalah  tes get  ready  to  read dari Whitehurst  &  Lonigan  (2001)  untuk  mengukur  kemampuan  literasi  awal  dan  modul  eksperimen  yang disusun oleh penulis sesuai dengan literatur metode bottom-up processes readingserta telah melalui proses professional judgment. Teknik analisis menggunakan uji analisis wilcoxondan hasilnya menunjukkan nilai signifikansi  0,001  (p<0,05)  dan  nilai  rata-rata posttest naik  sebesar  3,85.  Kesimpulan  dari  penelitian  ini terdapat  pengaruh  yang  positif  dari  metode bottom-up  processes  reading dengan  media  kartu  terhadap kemampuan literasi awal pada anak usia dini.

Kata Kunci: literasi awal, metode bottom-up processes reading, media kartu, anak usia dini

 

Sumber:

Jurnal Ilmu Psikologi danKesehatan

(SIKONTAN)

Volume 1 Nomor 2 (2022)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan