ANALISIS PENINGKATAN LITERASI STATISTIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN BERBASIS THE STATISTICAL PROCESS
ANALISIS
PENINGKATAN LITERASI STATISTIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN
BERBASIS THE STATISTICAL PROCESS
Zulqoidi
R. Habibie1, Puput Wahyu Hidayat2
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
ABSTRAK
Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa pada abad
ke-21 ini, salah satunya adalah kemampuan literasi satatistik.
Untuk memenuhi itu
peneliti melakukan penelitian
kepada 33 orang mahasiswa yang mengikuti
perkuliahan Statistik Pendidikan
selama 16 pertemuan
untuk menganalisis
peningkatan literasi statistik
mahasiswa calon guru
sekolah dasar. Mixed-Methods
berdesain Concurrent Embbededakan digunakan
dalam penelitian ini, yang mana
penelitian kualitatif melengkapi
penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari instrumenttest (pre-test
dan Post-test) yang dikembangkan berdasarkan the statistical
process dan instrument non-test
(hasl dari wawancara). Untuk melihat
lebih dalam saat analisis, data dikelompokkan berdasarkan Kemampuan Awal Statistik
(KAS) yaitu tinggi,
sedang,dan asor. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwaliterasi statisik mahasiswa calon guru
sekolah dasar meningkat baik yang berada dikelompok tinggi, sedang, dan
rendahsetelah mengikuti perkuliahan statistik Pendidikan selama 16 pertemuan
(satu semester). Ada Faktor lain
yang membantu meningkatkan
literasi statistik mahasiswa,
yaitu: (1) melayani mahasiswa
diluar jam kelas; (2) metode mengajar dosen; (3) Durasi pertemuan. Penelitian
ini masih terdapat kekurangan yang dapat menjadi rujukan penelitian berikutnya,
salah satunya yaitu tidak adanya metode
yang konsisten digunakan
didalam pengajaran satu
semester. Untuk itu penelitian selanjutnya perlu menggunakan
metode pembelajaran dalam peningkatan literasi statistik mahasiswa.
Kata kunci: literasi statistik, the statistical
process
Sumber:
Jurnal Muara Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2022)
Komentar
Posting Komentar