ANALISIS HUBUNGAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS MACCINI SOMBALA
ANALISIS
HUBUNGAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS MACCINI SOMBALA
1|Dedi
Maulana, 2|Risma Tamrin, 3|Andi Alim, 4|Ali Imran
Fakultas
Kesehatan Masyarakat, Universitas Pejuang Republik Indonesia, Indonesia
Abstrak
Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang sering
menimbulkan keluhan pasien dibeberapa instansi kesehatan. Lamanya waktu tunggu
pasien di pendaftaran, pemeriksaan, pengambilan obat mencerminkan bagaimana
instansi tersebut mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi
dan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan waktu
tunggu dengan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional
analitik dengan pendekatan studi Cross- sectional yang dilakukan di Puskesmas Maccini
Sombala Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan jumlah responden sebanyak 170 responden. Uji analasis dengan uji chi
square dengan tingkat kemaknaan p < 0.05. Dari hasil uji chi square waktu tunggu
pendaftaran dan pemeriksaa obat terhadap kepuasan pasien didapatkan nilai
p=0.000 dan 0.021<0.05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada
hubungan antara waktu tunggu pendaftran dan pemeriksaan dengan kepuasan pasien.
Sedangkan waktu pengambilan obat terhadap kepuasan pasien di dapatkan nilai
p=0.400>0.05 berarti Ho diterima dan Ha di tolak artinya tidak ada hubungan
antara waktu tunggu pengambilan obat dengan kepuasan pasien. Sehingga,
disarankan kepada petugas kesehatan agar lebih komitmen dan disiplin waktu
dalam memberikan Pelayanan yang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Waktu Tunggu Pendaftaran; Pemeriksaan;
Pengambilan Obat; Kepuasan
Sumber:
Jurnal Kesehatan Vol (12) No (2) Tahun (2019)
Komentar
Posting Komentar