ANALISIS GENDER TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA
ANALISIS
GENDER TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA
SitiImro’ah1,
Widodo Winarso2, Edi Prio Baskoro3
1IAIN
Syekh Nurjati Cirebon
2IAIN
Syekh Nurjati Cirebon
3IAIN
Syekh Nurjati Cirebon
ABSTRAK
Siswa laki-laki maupun perempuan cenderung mengalami
kecemasan ketika belajar matematika. Kecemasan matematika dapat diatasi oleh setiap
siswa bergantung pada self-efficacy yang dimiliki siswa. Tingkat kecemasan matematika
dan kemampuan
self-efficacydiasumsikan memiliki kecenderungan yang berbeda
jika dilihat dari
perspektif gender. Sehingga penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kecemasanmatematikadan
self-efficacy berdasarkan perbedaan jenis
kelamin(gender). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah
metode kuantitatif dengan
desain penelitian kausal komparatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah
siswa SMP, dengan teknik Cluster Samplingdiperoleh 38
siswa sebagai sampel penelitian.
Instrumen yang digunakan
adalah kuesioner. dengan
teknik analisis data menggunakan independent sample
t-test. Berdasarkan hasil
penelitian, memiliki kecenderungan
kecil pada cemasan matematika antara siswa laki-laki dan perempuan.
dimana siswa perempuan lebih cemas jika dibandingkan dengan siswa laki-laki.
Sedangkan pada self-efficacy siswa tidak ada perbedaan antara siswa laki-laki
dan perempuan.
Kata Kunci: gender, kecemasan matematika,
self-efficacy
Sumber:
KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika
Volume 4, No. 1, April 2019, hal. 23-36
Komentar
Posting Komentar