KESULITAN BELAJAR: ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SISWA
KESULITAN
BELAJAR: ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SISWA
Jiji
Najiah1, Titik Haryati2, Fery Irianto Setyo Wibowo3,
Niam Rohmatullah4, Ory Syafari Jamel Sutiyan5
1,2Program
Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka,
Jakarta, Indonesia
3Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
4Institut
Ummul Quro Al-Islami, Bogor, Indonesia
5Universitas
Riau, Pekanbaru, Indonesia
Abstrak:
Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada pola dan
metode pendidikan yang awalya tatap muka menjadi daring secara mendadak dan
tiba-tiba. Fenomena ini memaksa guru dan siswa beradaptasi pada pembelajaran
daring yang belum dipersiapkan secara matang. Perbedaan pola dan metode
pembelajaran ini menimbulkan kesulitan-kesulitan belajar pada siswa. Sehingga
penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan belajar yang dihadapi siswa
ketika melakukan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMPN 1 Cipanas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 56 Sampel
responden siswa Kelas VII SMPN 1 Cipanas. Data yang terkumpul diuji keabsahannya
dengan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian dianalisis menggunakan analasis
data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
secara keseluruhan kesulitan belajar yang dihadapi siswa ketika mengikuti pembelajaran
daring selama pandemic Covid-19 sebesar 75,94% masuk pada kategori tinggi.
Indikator yang paling mempengaruhi yaitu kesulitan belajar yang disebabkan oleh
ketidakstabilan jaringan.
Kata Kunci:
Kesulitan belajar; Pembelajaran Daring; Covid-19
Sumber:
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan
Pengembangan Kependidikan
Vol. 14, No. 1, Januari 2023, Hal. 36-44
Komentar
Posting Komentar