ANALISIS PEMASARAN KACANG TANAH DI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

 

ANALISIS PEMASARAN KACANG TANAH DI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

Yohanes Yudha Pratama1), Bayu Nuswantara2)

1)Program Studi Agribinsis Fakultas PertanianDan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

2)Fakultas Pertanian Dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

 

ABSTRAK

Pemasaran  kacang  tanah  masih  memerlukan  perbaikan  dalam  proses  penyaluran kacang  tanah  dari  petani  hingga  sampai  ke  konsumen.  Penelitian  ini  dilatarbelangi kondisi  bahwa  di  Desa  Segiri  merupakan  salah  satu  desa  sentra  kacang  tanah. Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  gambaran  umum  pemasaran kacang  tanah,  analisis  margin  pemasaran, farmer’s share,  dan  rasio  keuntungan terhadap  biaya. Sampel diambil  secara  sensus  dengan  jumlah  responden  yang diambil  sebanyak  30  orang  petani  Desa  Segiri.  Hasil  penelitian  menunjukkanbahwaterdapat   dua   saluran   pemasaran   yang   digunakan   oleh   lembaga   saluran   yang menyalurkan   kacang   tanah   ke   konsumen   akhiryaitu: 1) petaniàpedagang pengepulàkonsumen, 2)petaniàagenàkonsumen. Efisiensi   pemasaran   diteliti menggunakan  pendekatan  marjin  pemasaran, farmer’s share,  dan  rasio  keuntungan terhadap  biaya,  dengan  hasil: 1)  saluran  I  memiliki  nilai  margin  pemasaran  Rp.350,-/kg  dan  saluran  II  memiliki  nilai  margin  pemasaran  Rp.770,-/kg..  2) farmer’s sharepada saluran I memiliki nilai nilai 83,06% dan farmer’s sharepada saluranII memiliki nilai  nilai  83,26%.  3)  rasio  keuntungan  terhadap  biaya  pada  saluran  I  sebesar  1,29 dan rasio keuntungan terhadap biaya pada saluran II sebesar 1,08.

Kata kunci: Pemasaran kacang tanah; Farmer’s share; Rasio keuntungan.

 

Sumber:

Jambura Agribusiness Journal

Vol. 2 Issue 1 July  2020

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan