Analisis Pemasaran Sapi di Kabupaten Batubara
Analisis
Pemasaran Sapi di Kabupaten Batubara
Fahrizal
Irham1), Hasnudi2), Rasmulia Sembiring3),
Tumpal H.S. Siregar4)
1)
Program Studi Magister Agribisnis, Pascasarjana, Universitas Medan Area
2)
Departemen Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara,
Indonesia
3)Jurusan
Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Methodist, Indonesia
4)
Magister Agribisnis, Pascasarjana, Universitas Medan Area, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan
menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, tingkat bagian peternak,
efisiensi pemasaran dan strategi pemasaran sapi di Kabupaten Batubara.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2017. Lokasi penelitian
dipilih secara purposive sampling dan dilakukan di 3 (tiga) kecamatan yaitu
Kecamatan Lima Puluh, Sei Suka, dan Medang Deras. Responden penelitian diambil
secara classified random sampling yaitu sebanyak 85 orang peternak sapi, dan
sampel pedagang dipilih secara snowball ball sampling yaitu sebanyak 11 orang
pedagang pengumpul lokal dan 2 orang pedagang besar. Analisis data dilakukan
secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4
saluran yang terbentuk dari lembaga pemasaran yaitu saluran pemasaran I
(peternak–agen pengumpul lokal–pedagang besar-jagal), saluran pemasaran II
(peternak – agen pengumpul lokal-konsumen), saluran pemasaran III
(peternak–agen pengumpul lokal-pedagang luar daerah) dan saluran pemasaran IV
(peternak–konsumen/jagal). Margin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran I
dan yang paling rendah terdapat pada saluran pemasaran IV. Bagian yang diterima
peternak tertinggi terjadi pada saluran pemasaran IV sebesar 100% dan yang
paling rendah terjadi pada saluran pemasaran I. Saluran pemasaran IV merupakan
saluran yang paling efisien dilihat dari hasil penghitungan indeks efisiensi.
Kata kunci: Saluran pemasaran, Margin pemasaran,
Bagian Peternak, Efisiensi Pemasaran.
Sumber:
Jurnal Ilmiah Magister Agribisnis, 1 (2) 2019:
120-128,
Komentar
Posting Komentar