ANALISIS PEMASARAN GARAM KUSAMBA DI KECAMATAN DAWAN, KABUPATEN KLUNGKUNG
ANALISIS
PEMASARAN GARAM KUSAMBA DI KECAMATAN DAWAN, KABUPATEN KLUNGKUNG
Dewa
Ayu Sega Neli Riyanti, I Ketut Satriawan*, Cokorda Anom Bayu Sadyasmara
PS
Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas
Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Badung, Kode pos : 80361; Telp/Fax : (0361)
701801.
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kusamba, Kecamatan
Dawan, Kabupaten Klungkung. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui untuk
mengidentifikasi saluran pemasaran garam kusamba dengan pendekatan structure,
conduct, performance (SCP) dan menganalisis efisiensi pemasaran garam kusamba.
Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif.
Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis saluran pemasaran, struktur, dan
perilaku pasar, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis
kinerja pasar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses
pemasaran garam melalui 4 (empat) saluran pemasaran. Struktur pasar yang
terjadi pada pemasaran garam kusamba adalah oligopsoni. Perilaku pasar terjadi
praktek dalam penentuan harga masih didominasi oleh pedagang perantara. Kinerja
pasar menunjukkan bahwa total marjin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran
pemasaran 3 dan farmer share tertinggi terdapat pada saluran pemasaran 1.
Analisis efisiensi pemasaran garam berdasarkan farmer’s share menyatakan bahwa
saluran pemasaran 1 paling efisien dan berdasarkan total biaya pemasaran saluran
pemasaran 3 dikatakan paling efisien karena nilai Efisiensi Pemasaran (EP)
sebesar 43,25% atau ≤ 50%.
Kata kunci: garam kusamba, struktur, perilaku,
kinerja, dan efisiensi pemasaran
Sumber:
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri
Vol. 7, No.2, 169-180, Juni 2019
Komentar
Posting Komentar