Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

 

Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

Sukmawati1*, Amrullah1, Nurul Hikmah1, Harry Soepriyanto1

1Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan,  Universitas Mataram, Indonesia

 

Abstrak:

Kemampuan  penalaran  matematika  merupakan  suatu  kemampuan  berfikir  siswadalam  membangun suatu argument untuk menarik  kesimpulan dalam permasalahan  matematika. Kemampuan penalaran  sangat dibutuhkan  bagi  siswa  dalam  memahami  materi  atau  konsep  matemattka. Namun kenyatannya  banyak  siswa memiliki  pemahaman materi  atau  konsep  matematika yang rendah,  hal  ini disebabkan salah  satunya oleh rendahnya kemaampuan   penalaran matematika. Beberapa peneliti lain   mengkaji   penalaran   matematika dihubungkan dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa serta hubungannya gaya belajar siswa kelas IX SMP Negeri 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan metode korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknikcluster random samling sehingga sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 7 Mataram dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan  data melalui  pemberian angket  gaya  belajar  dan  tes  kemampuan  penalaran  matematika siswa. Teknik analisis  data  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah teknik deskriptif  dantes  prasyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa kelas IX SMPN 7 Mataram sebagian besar termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 63,3%. Selanjutnya, hasil analisis korelasi dengan rumus person produk  moment menunjukan bahwa  terdapat  hubungan  yang signifikan  antara gaya  belajar  dengan  kemampuan penalaran matematika siswa dengan nilai korelasinya sebesar 0,47268,yang dikategorikan korelasi tingkat sedang.

Kata Kunci : Analisis, Penalaran Matematika, Gaya Belajar

 

Sumber:

Journal of Classroom Action Research

Volume 5 Nomor 2, 106-110

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan