Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran
Analisis
SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran
(Studi
Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100)
Anissa
Mayang Indri Astuti
Program
Studi Manajemen, Universitas Tidar
Shinta
Ratnawati
Program
Studi Manajemen, Universitas Tidar
ABSTRAK.
Tujuan
dari penelitian ini
adalah memformulasikan alternative
strategi pemasaran bersaing yang
unggul dan kebijakan
perusahaan yang tepat
dengan menggunakanmetode analisisSWOT (Strength, Weakness, Opportunity,
Threat) di Kantor Pos Kota
Magelang 56100. Analisis
SWOT dilakukan dengan matriks
IFE (Internal Factor
Evaluation) yang
mendeskripsikanfactor –factor kekuatan dan kelemahan perusahan dan matriks EFE
(Eksternal Factor Evaluation) yang menguraikan factor –factor peluang dan
ancaman perusahaan dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan posisi
perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari factor
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman,
masing –masing diperoleh bobot
kekuatan tertinggi 0,55,
bobot kelemahan tertinggi 0,40,
bobot peluang tertinggi 0,55, dan bobot ancaman tertinggi 0,44. Nilai total
skor rata –rata pada matriks IFE sebesar 3,89 sedangkan matriks EFE sebesar
4,05. Hasil tersebut menempatkan Kantor Pos Kota Magelang 56100 pada kuadran I
dan strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan
agresif.
Kata kunci: Strategi pemasaran, Metode SWOT
Sumber:
Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17, Nomor 2, 2020
Komentar
Posting Komentar