Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran

 

Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran

(Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100)

Anissa Mayang Indri Astuti

Program Studi Manajemen, Universitas Tidar

Shinta Ratnawati

Program Studi Manajemen, Universitas Tidar

 

ABSTRAK.

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  memformulasikan  alternative  strategi  pemasaran  bersaing yang  unggul  dan  kebijakan  perusahaan  yang  tepat  dengan  menggunakanmetode  analisisSWOT (Strength, Weakness,  Opportunity,  Threat) di Kantor  Pos  Kota  Magelang  56100.  Analisis  SWOT dilakukan  dengan  matriks  IFE  (Internal  Factor  Evaluation)  yang mendeskripsikanfactor –factor kekuatan dan kelemahan perusahan dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menguraikan factor –factor peluang dan ancaman perusahaan dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari factor kekuatan, kelemahan, peluang  dan  ancaman,  masing –masing  diperoleh  bobot  kekuatan  tertinggi  0,55,  bobot  kelemahan tertinggi 0,40, bobot peluang tertinggi 0,55, dan bobot ancaman tertinggi 0,44. Nilai total skor rata –rata pada matriks IFE sebesar 3,89 sedangkan matriks EFE sebesar 4,05. Hasil tersebut menempatkan Kantor Pos Kota Magelang 56100 pada kuadran I dan strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan agresif.

Kata kunci: Strategi pemasaran, Metode SWOT

 

Sumber:

Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17, Nomor 2, 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan