ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA PARAGRAF DESKRIPTIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
ANALISIS
KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA PARAGRAF DESKRIPTIF PESERTA DIDIK KELAS
IV SEKOLAH DASAR
Nurlis
Sriwahyu Utami
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik
Arya
Setya Nugroho
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik
Alamat:
Jl. Sumatera No.101, Gn. Malang, Randuagung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61121
Abstrak.
Kemampuan peserta didik dalam keterampilan menulis
masih mengalami kesalahan dalam penggunaan huruf, terlebih pada penggunaan
huruf kapital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan
huruf kapital hasil karangan peserta didik berupa paragraf deskriptif di UPT SD
Negeri 71 Gresik melalui metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian
terdiri dari 10 peserta didik kelas IV. Pengumpulan data diperoleh dari
observasi dan tes, dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi. Hasil
penelitian dari 10 peserta didik yang membuat paragraf deskriptif dengan lima
aspek indikator yang dituju terdapat 5 peserta didik dengan kesalahan huruf
pertama awal kalimat, 4 peserta didik dengan kesalahan huruf pertama nama
orang, 6 peserta didik dengan kesalahan huruf pertama nama hari dan bulan, 4
peserta didik dengan
kesalahan huruf pertama nama
tempat, dan 3
peserta didik dengan kesalahan huruf pertama judul
karangan. Dengan adanya analisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada
paragraf deskriptif diharapkan peserta didik mampu memperluas wawasan kosa kata
dan menciptakan karya tulis yang memiliki tata bahasa yang baik.
Kata Kunci: Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital;
Paragraf Deskriptif
Sumber:
Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa
Vol.2, No.1 Februari 2023
Komentar
Posting Komentar