ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH URBAN
ANALISIS
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH URBAN
Talitha
Ikhtiara1
Universitas
Negeri Jakarta
Agus
Jaya2
SMAN
89 Jakarta
Hanifa
Raiha Zahratina3
Universitas
Negeri Jakarta
Dea
Kristia Madalena4
Universitas
Negeri Jakarta
Novienta
Putri5
Universitas
Negeri Jakarta
Ade
Suryanda6
Universitas
Negeri Jakarta
Abstrak:
Pendidikan sangat penting bagi keberlangsungan hidup kedepannya,
baik untuk individu maupun masyarakat, maka pelaksanaan Pendidikan haruslah
telah berjalan secara efektif pada setiap wilayah baik itu wilayah 3T, wilayah
daerah, maupun wilayah urban yang kabarnya telah berjalan efektif karena
perkembangan wilayahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pembelajaran biologi urban. Metode penelitian yang digunakan merupakan
metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara
observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penelitian ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 89 Jakarta
berjalan secara efektif dan sistematis, yakni tersedianya kurikulum, metode
ajar, bahan ajar, media ajar, fasilitas yang memadai, serta sumber pembelajaran
yang sesuai dengan memperhatikan kebutuhan karakteristik siswa. Terdapat juga
hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 89 Jakarta, yaitu
masih minimnya ketersediaan buku teks biologi sebagai sumber pembelajaran yang
tersedia di sekolah dan keterbatasan guru dalam mendapatkan referensi pelaksanaan
merdeka belajar. Oleh karena itu, guru diharuskan dapat beradaptasi dengan
perubahan kurikulum dengan memanfaatkan teknologi untuk memperbanyak sumber
pembelajaran.
Kata kunci: kurikulum merdeka, pembelajaran biologi, sekolah
urban
Sumber:
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran | Vol 3
No 3 2022
Komentar
Posting Komentar