PERAN WALI KELAS DALAM PEMBINAAN DISIPLIN BELAJAR DI PONDOK PESANTREN ANWARUL HASANIYYAH (ANWAHA)

 

PERAN WALI KELAS DALAM PEMBINAAN DISIPLIN BELAJAR DI PONDOK PESANTREN ANWARUL HASANIYYAH (ANWAHA)

KABUPATEN TABALONG

Syahrani

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, Indonesia

 

Abstrak

Pondok pesantren adalah Lembaga pendidikan bercirikan Islam yang sudah menjadi identitas pendidikan Islam di Indonesia. Keberadaannya tidak hanya menjadi pendidikan alternatif di samping Lembaga pendidikan negeri, akan tetapi sudah menjadi pilihan utama bagi orangtua untuk menjadi menitipkan anak anaknya agar bisa belajar agama Islam dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran wali kelas di pondok pesantren Anwarul Hasaniyah dalam mendidik kedisiplinan santri di dalam dan luar kelas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian narrative research dan tekhnik pengumpulan data dengan observasi terlibat serta wawacara terstruktur. Peran wali kelas dalam pembinaan disiplin belajar di Pondok Pesantren Anwarul Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran wali kelas di pondok pesantren Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong diwujudkan dengan pembuatan tata tertib kelas oleh wali kelas berdasarkan musyawarah dengan siswa pada kelas yang dibina, melakukan pengawasan oleh wali kelas secara langsung dan laporan dari siswa pada kelas yang dibina dan bekerjasama dengan asatidz dalam membina siswa.

 

Kata Kunci: Wali Kelas, Disiplin Belajar, Anwaha

 

Sumber:

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 16, No. 1

Januari - Juni 2022

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan