PERAN WALI KELAS DALAM PEMBINAAN DISIPLIN BELAJAR DI PONDOK PESANTREN ANWARUL HASANIYYAH (ANWAHA)
PERAN
WALI KELAS DALAM PEMBINAAN DISIPLIN BELAJAR DI PONDOK PESANTREN ANWARUL
HASANIYYAH (ANWAHA)
KABUPATEN
TABALONG
Syahrani
Sekolah
Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, Indonesia
Abstrak
Pondok pesantren adalah Lembaga pendidikan bercirikan
Islam yang sudah menjadi identitas pendidikan Islam di Indonesia. Keberadaannya
tidak hanya menjadi pendidikan alternatif di samping Lembaga pendidikan negeri,
akan tetapi sudah menjadi pilihan utama bagi orangtua untuk menjadi menitipkan
anak anaknya agar bisa belajar agama Islam dengan lebih baik. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan peran wali kelas di pondok pesantren Anwarul
Hasaniyah dalam mendidik kedisiplinan santri di dalam dan luar kelas.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian narrative
research dan tekhnik pengumpulan data dengan observasi terlibat serta wawacara
terstruktur. Peran wali kelas dalam pembinaan disiplin belajar di Pondok
Pesantren Anwarul Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran wali kelas di
pondok pesantren Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong diwujudkan
dengan pembuatan tata tertib kelas oleh wali kelas berdasarkan musyawarah
dengan siswa pada kelas yang dibina, melakukan pengawasan oleh wali kelas secara
langsung dan laporan dari siswa pada kelas yang dibina dan bekerjasama dengan
asatidz dalam membina siswa.
Kata Kunci: Wali Kelas, Disiplin Belajar, Anwaha
Sumber:
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 16, No. 1
Januari - Juni 2022
Komentar
Posting Komentar