ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL MADRASAH ALIYAH
ANALISIS
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN PENGGUNAAN
MICROSOFT EXCEL MADRASAH ALIYAH
NAHDLATUL
’ULAMA BATANG TORU
Ernawati
Siregar, Mohd. Arifin, Susi Sulastri Lubis
Pendidikan
Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan
kemampuan siswa dalam menjawab atau menyelesaikan soal-soal sistem persamaan
linear tiga variabel dengan penggunaan Microsoft Excel Madrasah Aliyah Nahdlatul
’Ulama Batang Toru Kelas X. Subjek penelitian adalah orang yang telah
melaksanakan pembelajaran dalam menjawab soal sistem persamaan linear tiga variabel.
Setelah data dikumpulkan dapat disimpulkan sebagai berikut: kemampuan pemecahan
siswa karena prosedur tepat,terampilnya siswa terutama keterampilan menghitung,
dan pengambilan data yang tepat. Selain itu, beberapa siswa masih kurang paham
dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam hal
ini, siswa bingung untuk menyelesaikan langkah-langkah soal, sebagian siswa
langsung mengetahui apa yang akan dikerjakannya. Dari Kemampuan pemecahan
masalah siswa kelas X IPA 1 melalui Microsoft Excel dengan pembelajaran
berbasis masalah pada materi sistem persamaan linear menunjukkan dari sebanyak 24
orang siswa terdapat 6 butir soal diperoleh presentase kemampuan soal nomor 1
sebanyak 55,66 % dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 2 sebanyak 38% dengan
kriteria “rendah”, soal nomor 3 sebanyak 53,33% dengan kriteria ”sedang”, soal
nomor 4 sebanyak 59% dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 5 sebanyak 62,83%
dengan kriteria ”tinggi”, soal nomor 6 sebanyak 59,5% dengan kriteria ”sedang”.Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh presentase tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa
dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah terdapat kategori tinggi sebanyak
11 orang siswa atau 32,6% dari jumlah 24 siswa, dan kategori sangat tinggi
sebanyak 13 orang siswa atau 51% dari jumlah 24 siswa.
Kata kunci:
Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Microsoft Excel
Sumber:
PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan
Pengembangan Pembelajaran)
Vol 4 No 1 Tahun 2021 Hal 52-57
Komentar
Posting Komentar