ANALISIS PEMANFAATAN FITUR PAYLATER PADA APLIKASI E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PERFORMA PENJUALAN

 

ANALISIS PEMANFAATAN FITUR PAYLATER PADA APLIKASI E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PERFORMA PENJUALAN

Pustika Ayuning Puri, Dede Prihatini, Cindy Merliana, Kania Soraya

Program studi manajemen universitas siber asia

Kampus Menara, Jl.RM.Harsono, Ragunan Jakarta Selatan.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550. Telp (+6221) 27806189

 

Abstrak

Diera digital saat ini, fenomena pembayaran Pay Later telah muncul.Konsep utama fitur pembayaran PayLater adalah "belisekarang, bayarnanti" .Jual beli dengan cara ini dimana konsumen (pembeli) membeli/mengambil barang dari penjual, kemudian pada akhir jangka  waktu tertentu yang disepakati bersama, akan dibayar seluruhnya. Fitur PayLater dengan cepat mendapatkan popularitas karena  kemajuan  teknologi  system pembayaran  dalam e-commerce (belanja  online). Kami benar-benar perlu mempertimbangkan ketika kami ingin memanfaatkan kenyamanan fitur ini. Selain mudah, PayLater tidak  memerlukan  jaminan  khusus,  sehingga  fitur  PayLater banyak diminati. Namun, jangan sampai kita sebagai manusia terlena dan tergila-gila dalam menggunakannya sehingga  menjadi  konsumtif  (boros)  bahkan  terlilit  hutang  saat berbelanja via online (onlineshopping). Jadi, sisi positif PayLater  juga  perlu  diimbangi  dengan  pemahaman  tentang potensi risiko yang bisa ditimbulkannya. Oleh karena itu,sebelum menggunakan fasilitas PayLater, konsumen (pembeli) harus mempertimbangkan kebutuhan dan keinginannya sesuai dengan kemampuannya.

Kata  kunci:

PayLater,  Atome, E-commerce, Onlineshopping, Konsumtif, Konsumen

 

Sumber:

JIS (Jurnal Ilmu Siber)

Vol.1 No. 5092022

Komentar