ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI MASA PANDEMI COVID 19
ANALISIS
PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI MASA
PANDEMI COVID 19
Agus
Maramba Meha, Susi Susana Sairtory, Daniel F. Kamengko
Universitas
Kristen Artha Wacana Kupang
ABSTRAK
Rendahnya penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP
Negeri 4 Fatuleu dapat dilihat ketika guru memberikan pertanyaan siswa sulit
menjelaskan dengan kata-kata sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penguasaan konsep siswa pada materi sistem peredaran darah pada
manusia.. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIA yang berjumlah 21 siswa dan
objek penelitian yaitu penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Data penguasaan konsep diperoleh dengan tes,
selanjutnya dianalisis menggunakan rumus persentase. Penguasaan konsep siswa berdasarkan
indikator menunjukkan bahwa persentase dari setiap indikator yaitu Indikator 1
83,93%, Indikator 271,43%, Indikator 379,76% dan Indikator 4 98,41%. Hal ini
dikarenakan siswa lebih aktif mencari tahu sendiri, sikap siswa yang
berantusias dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu, dan berani menjelaskan
dengan kata-kata sendiri tanpa mengubah makna didalamnya saat proses
pembelajaran, sehingga siswa mampu menyajikan, mampu mengklasifikasikan dan
mampu menghubungkan dan memberikan contoh apa yang ditemukan dalam pembelajaran.
Kata kunci:
Penguasaan Konsep, Siswa
Sumber:
Prosiding Seminar Nasional Biotik 2022
Volume 10, No 1, Ed. Juni 2022
Komentar
Posting Komentar