ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI MASA PANDEMI COVID 19

 

ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI MASA PANDEMI COVID 19

Agus Maramba Meha, Susi Susana Sairtory, Daniel F. Kamengko

Universitas Kristen Artha Wacana Kupang

 

ABSTRAK

 

Rendahnya penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Fatuleu dapat dilihat ketika guru memberikan pertanyaan siswa sulit menjelaskan dengan kata-kata sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia.. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIA yang berjumlah 21 siswa dan objek penelitian yaitu penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penguasaan konsep diperoleh dengan tes, selanjutnya dianalisis menggunakan rumus persentase. Penguasaan konsep siswa berdasarkan indikator menunjukkan bahwa persentase dari setiap indikator yaitu Indikator 1 83,93%, Indikator 271,43%, Indikator 379,76% dan Indikator 4 98,41%. Hal ini dikarenakan siswa lebih aktif mencari tahu sendiri, sikap siswa yang berantusias dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu, dan berani menjelaskan dengan kata-kata sendiri tanpa mengubah makna didalamnya saat proses pembelajaran, sehingga siswa mampu menyajikan, mampu mengklasifikasikan dan mampu menghubungkan dan memberikan contoh apa yang ditemukan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci:

Penguasaan Konsep, Siswa

 

Sumber:

Prosiding Seminar Nasional Biotik 2022

Volume 10, No 1, Ed. Juni 2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan