ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DAN ISLAMIC MARKETING MIX

 

Analisis Implementasi Nilai-nilai Islam dan Islamic Marketing Mix

Studi kasus di Lor Internasional Hotel Syariah Solo

Dhika Amalia Kurniawan, Rizqa Nuzul Ramadhan, Muhammad Ridlo Zarkasy

Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

Jl. Raya Siman, Mantren, Patihan Kidul, Kec. Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

 

Abstrak

 

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   apakah   Lor   Internasional   hotel syariah solo menerapkan nilai-nilai islam dan Islamic marketing mix.Penerapan nilai-nilai  islam  dan  Islamic  marketing  mix  mulai  ramai  diterapkan  oleh  pelaku bisnis  muslim,  karena  umat  muslim  mulai  menyadari  akan  pentingnya  hotel yang  berbasis  syariah  untuk  menghindari  hal-hal  yang  tidak  diinginkan  seperti pembunuhan,   narkoba, transaksi   gelap   dan   perzinahan.   Pendekatan   dalam penelitian   ini   mengunakan   deskriptif   kualitatif,   pengumpulan   data   dengan observasi di hotel syariah Solo, dan melakukan wawancara kepada para karyawan, konsumen,  dan  serta  melakukan  dokumentasi.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa  Lor  internasional  hotel  syariah  solo  telah  menerapkan  nilai-nilai  islam berupa     nilai-nilai     tauhid,     khilafah,     ibadah,     dan     ihsan     yang     telah terimplementasikan.   Serta   telah   memenuhi   Islamic   marketing   mix   yang mencakup  produk,  harga,  promosi,  tempat,  people,  proses  dan  bukti  fisik  yang telah  terimplementasikan,  namun  belum  memenuhi  syarat  penerapan  Islamic marketing  mix  pada  Islamic  price  (harga)  dan  Islamic  promotion  (promosi), karena  penerapan  Islamic  price  di  hotel  syariah  Solo  masih  ada  harga  yang kurang transparan dan penerapan Islamic promotion di hotel Syariah Solo masih ada yang menyesatkan. Oleh karena itu Lor internasional hotel syariah solo harus mempertahankan  nilai-nilai  islam  yang  telah  diterapkan  ini,  serta  memperbaiki Islamic  marketing  mix  yang  belum  diterapkan  dengan  baik agar  bertahan  dalam jangkan Panjang dan terus berkembang.

 

Kata Kunci:

Nilai-nilai islam, Islamic marketing mix, hotel syariah solo.

 

Sumber:

Inovator: Jurnal Manajemen

Vol.  11(1) 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan