EVALUASI LAYANAN KAWIN, LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG (KLAMPID) PADA DINASKEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPILKOTA SURABAYA
EVALUASI
LAYANAN KAWIN, LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG (KLAMPID) PADA DINASKEPENDUDUKAN DAN
CATATAN SIPILKOTA SURABAYA
Hafshah
Vitri Tarantika
Suci
Megawati
S1
Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri
Surabaya
Abstrak
Pelayanan publik adalah suatu rangkaian kegiatan yang
disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik(pemerintah) dalam rangka untuk pemenuhan
suatu kebutuhan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya sebagai instansi pelayanan administrasi
kependudukan meluncurkan sebuah inovasi Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang (KLAMPID)
yang merupakan sistem pelayanan online dibidang kependudukan. Dalam pelaksanaanya
ditemui keluhan yang disampaikan oleh masyarakat terkait eror dalam proses verifikasi
data maupun permasalahan server yang tercatat dalam web layanan aduan Sapa Warga.
Perlu dilakukan perbaikan dengan mempertimbangkan evaluasi yang telah didapatkan
dari masyarakat bertujuan untuk menganalisis permasalahan dalam pelaksanaan KLAMPID.
Jenis peneltian yang
digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif
denganmetode penelitian kualitatif.
Fokus penelitian menggunakan
indikator efektivitas, efesiensi,
kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan.Teknik pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan
mode linteraktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KLAMPID
berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa kriteria yang perlu perbaikan. Berdasarkan
hasil temuan dilapangan, KLAMPID efektif, efisien, kecukapan, dan tepat karena kesederhaan proses
dan waktu layanan dengan
13 macam layanan
kependudukan yang tersedia.
Namunkurang maksimal dalam jam operasional website dan responsivitas
sistem KLAMPID masih sering terjadieror.
Saran yang bisa
diberikan yaitu dengan
memaksimalkan kembali jam
operasional pada web
sertamemutakhirkansistemagarbisamengantisipasikendalateknis.
Kata Kunci:
Evaluasi Layanan, Pelayanan
Kependudukan, KLAMPID
(Kawin, Lahir, Mati,
Pindah,Datang)
Sumber:
Publika. Volume 10 Nomor 4, Tahun 2022, 1123-1136
Komentar
Posting Komentar