EVALUASI LAYANAN KAWIN, LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG (KLAMPID) PADA DINASKEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPILKOTA SURABAYA

 

EVALUASI LAYANAN KAWIN, LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG (KLAMPID) PADA DINASKEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPILKOTA SURABAYA

Hafshah Vitri Tarantika

Suci Megawati

S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

 

Abstrak

Pelayanan publik adalah suatu rangkaian kegiatan yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik(pemerintah) dalam rangka untuk pemenuhan suatu kebutuhan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya sebagai instansi pelayanan administrasi kependudukan meluncurkan sebuah inovasi Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang (KLAMPID) yang merupakan sistem pelayanan online dibidang kependudukan. Dalam pelaksanaanya ditemui keluhan yang disampaikan oleh masyarakat terkait eror dalam proses verifikasi data maupun permasalahan server yang tercatat dalam web layanan aduan Sapa Warga. Perlu dilakukan perbaikan dengan mempertimbangkan evaluasi yang telah didapatkan dari masyarakat bertujuan untuk menganalisis permasalahan dalam pelaksanaan  KLAMPID.  Jenis  peneltian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif  denganmetode  penelitian  kualitatif.  Fokus  penelitian  menggunakan  indikator  efektivitas,  efesiensi,  kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan mode linteraktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KLAMPID berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa kriteria yang perlu perbaikan. Berdasarkan hasil temuan dilapangan, KLAMPID efektif, efisien, kecukapan, dan tepat karena kesederhaan  proses  dan waktu  layanan  dengan  13  macam  layanan  kependudukan  yang  tersedia.  Namunkurang maksimal dalam jam operasional website dan responsivitas sistem KLAMPID masih sering terjadieror.  Saran  yang  bisa  diberikan  yaitu  dengan  memaksimalkan  kembali  jam  operasional  pada  web  sertamemutakhirkansistemagarbisamengantisipasikendalateknis.

Kata  Kunci: Evaluasi  Layanan,  Pelayanan  Kependudukan, KLAMPID  (Kawin,  Lahir,  Mati,  Pindah,Datang)

 

Sumber:

Publika. Volume 10 Nomor 4, Tahun 2022, 1123-1136

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan