ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PUSKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS
ANALISIS
PENGARUH PELAYANAN PUSKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS
Dinda
Ayu Anggraeni, Agus Aan Adriansyah
Kesehatan
Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama, Jl. Raya Jemursari No.57, Jemur
Wonosari, Surabaya, Jawa Timur 60237 Indonesia
Abstrak
Kepuasan pasien pada suatu instansi merupakan satu
elemen yang penting dalam mengevaluasi kualitas layanan dengan mengukur respon
pasien setelah menerima jasa. Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan
yang paling dekat dengan masyarakat juga menjadi bagian pelaksana program
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang harus dijamin oleh Badan penyelenggara
Jaminan sosial (BPJS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
pelayanan Puskesmas terhadap kepuasan pasien BPJS. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif menggunakan studi survei analitik dengan pendekatan
cross sectional. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 116 pasien BPJS di
Puskesmas Taman Sidoarjo. Penelitian dilakukan pada bulan Juli tahun 2021
dengan pengambilan sampel secara systematic random sampling. Data primer
diperoleh melalui lembar kuesioner pada pasien. Analisis data menggunakan uji
regresi logistik biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien p = 0,026.
Indikator dari variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan
adalah indicator tanggap dengan p-value 0,001 < α = 0.05 dan indikator
kelengkapan dengan p-value 0,012 < α = 0.05. Kesimpulan, semakin baik
kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas maka akan membuat pasien
merasakan kepuasan didalam memanfaatkan pelayanan. Saran yang direkomendasikan
oleh peneliti adalah Puskesmas dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan
menambahkan fasilitas penunjang seperti, jumlah kursi tunggu pasien, dan kipas
angin.
Kata kunci:
BPJS, Kepuasan, Pelayanan
Sumber:
JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan)
April, 2022 Volume 6 No. 1
Komentar
Posting Komentar