Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Teks Deskriptif melalui Model Problem Based Learning di kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat
Peningkatan
Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Teks Deskriptif melalui Model Problem Based
Learning di kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat
Yusril Yusril
Sekolah Menengah Pertama Negeri
5 Koto Balingka, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
Bahasa Inggris dengan menggunakan model Problem Based Learning di Kelas VII
SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. melalui penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan secara kolaboratif terdiri dari empat komponen yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi.
Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik
kelas VII SMPN 5 Koto Balingka, yang berjumlah 34 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi peserta
didik , lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan
hasil analisis lembar observasi guru dan peserta didik selama proses
pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh persentase
hasil pengamatan aspek guru pada siklus I 63,5%. Sedangkan pada siklus II
77,33%. Dari aspek peserta didik siklus I diperoleh persentase 59,33%.
Sedangkan pada siklus II 77,33%. Hasil belajar Bahasa Inggris peserta
didik kelas VII SMPN 5 Koto Balingka
pada siklus I diperoleh 70,85 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,5. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based
Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris.
Kata kunci: Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Problem Based Learning
Sumber publikasi Jurnal
Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 5 (2022)
Komentar
Posting Komentar