ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ONLINE SHOP

 

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ONLINE SHOP

Anindya Prastiwi Setiawati

Fakultas Ekonomi, Universitas Yos Soedars

Budi Andreanto

Fakultas Ekonomi, Universitas Yos Soedarso

 

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran digital melaluimedia social tiktok dalam meningkatkan penjualan produk online shop di ETHICA.official Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data  primer  dan  data  sekunder.  Dengan  teknik pengumpulan  data  berupa  wawancara,  observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah 6 pengelola ETHICA.official Surabaya. dan sampel untuk melihat tanggapan konsumen berjumlah 47 orang dengan indikator responden yang melakukan pembelian 1 bulan terakhir.Hasil dari penelitian ini adalah periklanan dengan mengunakan media sosial Tik Tok, promosi penjualan dengan menggunakan diskon atau penurunan harga, premi atau  hadiah,  pameran  dagang,  kupon  atau  voucher,  dan  garansi  produk.  Publisitas dengan  bentuk komunitas SFS (shotout for shotout) dan juga promosi silang antara sesama usaha bisnis online shop. Dengan konsep tersebut mampu meningkatkan penjualan ETHICA.official Surabaya setiap tahunnya. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh ETHICA.official Surabaya juga telah sesuai sehingga konsumen tidak   perlu   takut   tertipu   bertransaksi   dengan   ETHICA.official   Surabaya   karena   basic   usaha ETHICA.official Surabaya merupakan online shop karena tersedianya store ETHICA.official Surabaya. Pasar   Turi   Lantai 3   Surabaya,   Kota   Surabaya,   Jawa   Timurselain   itu   pelaksanaan   penjualan ETHICA.official Surabaya  seperti jujur  dan  menghindari  promosi yang  palsu, tidak menyembunyikan kecacatan barang dan menepati janji.

Kata Kunci : Strategi pemasaran digital, pemasaran melalui sosial media, penjualan online.

 

Sumber publikasi Economic Journal Yos Soedarso University, Vol. 5, No. 1 (2023)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan