ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ONLINE SHOP
ANALISIS
STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM MENINGKATKAN
PENJUALAN PRODUK ONLINE SHOP
Anindya Prastiwi Setiawati
Fakultas Ekonomi, Universitas
Yos Soedars
Budi Andreanto
Fakultas Ekonomi, Universitas
Yos Soedarso
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran
digital melaluimedia social tiktok dalam meningkatkan penjualan produk online
shop di ETHICA.official Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer
dan data sekunder.
Dengan teknik pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi.
Populasi yang digunakan adalah 6 pengelola ETHICA.official Surabaya. dan sampel
untuk melihat tanggapan konsumen berjumlah 47 orang dengan indikator responden
yang melakukan pembelian 1 bulan terakhir.Hasil dari penelitian ini adalah
periklanan dengan mengunakan media sosial Tik Tok, promosi penjualan dengan
menggunakan diskon atau penurunan harga, premi atau hadiah,
pameran dagang, kupon
atau voucher, dan
garansi produk. Publisitas dengan bentuk komunitas SFS (shotout for shotout)
dan juga promosi silang antara sesama usaha bisnis online shop. Dengan konsep
tersebut mampu meningkatkan penjualan ETHICA.official Surabaya setiap tahunnya.
Kegiatan promosi yang dilakukan oleh ETHICA.official Surabaya juga telah sesuai
sehingga konsumen tidak perlu takut
tertipu bertransaksi dengan
ETHICA.official Surabaya karena
basic usaha ETHICA.official
Surabaya merupakan online shop karena tersedianya store ETHICA.official
Surabaya. Pasar Turi Lantai 3
Surabaya, Kota Surabaya,
Jawa Timurselain itu
pelaksanaan penjualan
ETHICA.official Surabaya seperti jujur dan
menghindari promosi yang palsu, tidak menyembunyikan kecacatan barang
dan menepati janji.
Kata Kunci : Strategi pemasaran digital, pemasaran melalui sosial media,
penjualan online.
Sumber publikasi Economic
Journal Yos Soedarso University, Vol. 5, No. 1 (2023)
Komentar
Posting Komentar