Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Executive Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Di Tangerang Periode September-November 2022

 

Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Executive Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Di Tangerang Periode September-November 2022

Sulastri Sulastri

D3 farmasi poltekkes Hermina

Milda Rianty Lakoan

Politeknik Kesehatan Hermina

 

 

ABSTRAK

Waktu tunggu salah satu faktor penilaian terhadap suatu proses kerja dari tenaga farmasi dalam melakukan pelayanan kefarmasian yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pencapaian standar pelayanan minimal rumah sakit dengan jenis pelayanan farmasi mengenai waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan racikan dan non racikan di instalasi farmasi executive Rumah Sakit X di Tangerang periode September-November 2022. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif, pengambilan sampel secara random sampling total populasi 17.934 resep dengan sampel yang didapat menggunakan rumus slovin, bulan September 346 sampel (170 non racikan 176 racikan) Oktober 386 sampel (194 non racikan 192 racikan) November 370 sampel (189 non racikan 181 racikan). Rata-rata waktu tunggu bulan September 10 menit 42 detik (non racikan) 17 menit 24 detik (racikan) Oktober 10 menit 42 detik (non racikan) 19 menit 57 detik (racikan) November 11 menit 40 detik (non racikan) 23 menit 27 detik (racikan). Persentase pencapaian pelayanan bulan September non racikan 62,35% racikan 78,98% Oktober non racikan 64,44% racikan 69,79% dan November non racikan 56,08% racikan 56,35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan resep non racikan dan racikan belum memenuhi standar pencapaian, standar pencapain yang ditetapkan adalah 100% standar pelayanan minimal yang ditetapkan di Instalasi Farmasi executive RS X di Tangerang maksimal 10 menit resep non racikan maksimal 20 menit resep racikan.

Kata kunci: Instalasi Farmasi, Racikan dan Non racikan, Waktu tunggu

 

Sumber publikasi Indonesian Journal of Health Science, Vol. 3, No. 1 (2023)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan