PEMANFAATAN MARKET PLACE GRABFOOD & GOFOOD DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM FOOD AND BEVERAGES MAO-MAO CIREBON
PEMANFAATAN
MARKET PLACE GRABFOOD & GOFOOD DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM FOOD
AND BEVERAGES MAO-MAO CIREBON
Muhammad Agustian Fandriansyah
Ekonomi Syariah, Pasca Sarjana
IAIN Syekhnurjati Cirebon
ABSTRAK
Penjualan yang dilakukan oleh pelaku usaha merupakan suatu kegiatan yang
harus berjalan dengan baik, karena dengan penjulan yang baik maka pendapatan
usaha akan meningkat. Penjualan yang baik disertai dengan strategi pemasaran
yang terkonsep, hal ini agar strategi yang di buat memiliki dampak untuk
mencapai sesuai target market. Peran teknologi sangatlah dibutuhkan oleh pelaku
usaha, karena di zaman sekarang segala sesuatu sudah berdampingan dengan
teknologi. UMKM Mao-mao adalah salah satu UMKM yang memanfaatkan teknologi
marketplace grabfood dan gofood dalam memasarkan produknya dan menunjang
peningkatan penjualan dari segi online. Dalam penelitian ini menggnakan metode
kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Wawancara
yang dilakukan adalah untuk mengetahui aplikasi marketplace grabfood dan gofood
memiliki manfaat bagi usaha Mao-mao dalam meningkatkan penjualan. Hasil dari
penelitian ini adalah UMKM Food and beverages Mao-mao Cirebon dalam
mengoperasionalkan bisnisnya dengan cara offline dan online. Pen jualan online
yang memakai jasa grabfood dan gofood, penjualan yang dilakukan dengan cara
online memberikan hasil yang baik karena memberikan dampak kenaikan omzet
mencapai 40%.
Kata kunci: Marketplace, Grabfood & Gofood, UMKM, Penjualan
Sumber: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 24, No. 3 (2022)
Komentar
Posting Komentar