PEMANFAATAN MARKET PLACE GRABFOOD & GOFOOD DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM FOOD AND BEVERAGES MAO-MAO CIREBON

 

PEMANFAATAN MARKET PLACE GRABFOOD & GOFOOD DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM FOOD AND BEVERAGES MAO-MAO CIREBON

Muhammad Agustian Fandriansyah

Ekonomi Syariah, Pasca Sarjana IAIN Syekhnurjati Cirebon

 

ABSTRAK

Penjualan yang dilakukan oleh pelaku usaha merupakan suatu kegiatan yang harus berjalan dengan baik, karena dengan penjulan yang baik maka pendapatan usaha akan meningkat. Penjualan yang baik disertai dengan strategi pemasaran yang terkonsep, hal ini agar strategi yang di buat memiliki dampak untuk mencapai sesuai target market. Peran teknologi sangatlah dibutuhkan oleh pelaku usaha, karena di zaman sekarang segala sesuatu sudah berdampingan dengan teknologi. UMKM Mao-mao adalah salah satu UMKM yang memanfaatkan teknologi marketplace grabfood dan gofood dalam memasarkan produknya dan menunjang peningkatan penjualan dari segi online. Dalam penelitian ini menggnakan metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Wawancara yang dilakukan adalah untuk mengetahui aplikasi marketplace grabfood dan gofood memiliki manfaat bagi usaha Mao-mao dalam meningkatkan penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah UMKM Food and beverages Mao-mao Cirebon dalam mengoperasionalkan bisnisnya dengan cara offline dan online. Pen jualan online yang memakai jasa grabfood dan gofood, penjualan yang dilakukan dengan cara online memberikan hasil yang baik karena memberikan dampak kenaikan omzet mencapai 40%.

 

Kata kunci: Marketplace, Grabfood & Gofood, UMKM, Penjualan

Sumber: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 24, No. 3 (2022)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan