ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA DINI
ANALISIS
PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA DINI
Putri
Hana Pebriana
Prodi
PGSD, FIP, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
ABSTRAK
Perkembangan teknologi semakin canggih dan berkembang.
Hal ini menyebabkan berbagai pengaruh pola hidup manusia baik pola pikir maupun
perilaku. Salah satu perkembangan teknologi yang mempengaruhi pikiran manusia
adalah gadget. Gadget adalah media yang digunakan sebagai sarana komunikasi
modern. Gadget tidak hanya mempengaruhi pola pikir atau perilaku orang dewasa,
tapi juga mempengaruhi tingkah laku anak usia dini. Intinya, anak usia dini
cenderung senang dengan hal hal baru yang ia dapatkan melalui aktivitas dengan
bermain. Bermain sangat menyenangkan bagi anak-anak, dengan bermain anak bisa
menggali semua potensi. Mayoritas anak di Indonesia menghabiskan waktu bermain
dengan gadget. Tentunya ini mempengaruhi perkembangan anak, terutama dalam
pengembangan interaksi sosial. Interaksi sosial dapat diartikan sebagai
hubungan yang terjadi dalam kelompok induvidu yang saling berhubungan baik
dalam komunikasi maupun aksi sosial. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia
dini. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kajian pustaka yaitu dengan menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada
dan mengisi celah dalam penelitian sebelumnya. Hasil penelitian yang diperoleh
pada penelitian ini yaitu penggunaan gadget kebanyakan anak lebih
menggunakannya untuk bermain. Dari hal kecil tersebut, anak yang awalnya senang
bermain dengan temannya dapat berubah dengan terbiasanya diberikan gadget
sebagai pengganti teman bermain.
Kata Kunci:
Gadget, Interaksi Sosial
Sumber:
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
1(1), 2017
Komentar
Posting Komentar