KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) SELAMA PANDEMI COVID-19

 

KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) SELAMA PANDEMI COVID-19

Rizki Fauziah, Fitri Indrawati

Universitas Negeri Semarang, Indonesia


Abstrak


Latar Belakang: 

Kegiatan Prolanis selama pandemi Covid-19 dituntut dapat beradaptasi dengan tetap melaksanakan pelayanan sesuai standar mutu Puskesmas. Namun, rasio partisipasi kunjungan Prolanis di Puskesmas Kaladawa selama pandemi mengalami penurunan dan hanya sebesar 47% dari total peserta yang terdaftar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Prolanis selama pandemi Covid-19.

Metode: 

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta Prolanis di Puskesmas Kaladawa sebanyak 45 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner dan metode pengambilan data dengan wawancara serta observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif berdasarkan karakteristik responden, Importance Performance Analysis (IPA), dan uji Chi Square pada SPSS 21.0.

Hasil: 

Menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat kepuasan dengan menggunakan analisis IPA yaitu 92,5% dimana dimensi perhatian 90,8%, bukti fisik 92,9%, keandalan 93,6%, ketanggapan 90,7%, dan jaminan 94,6%. Berdasarkan uji chi square menunjukkan ada hubungan antara dimensi perhatian (0,006<0,05), bukti fisik (0,016<0,05), keandalan (0,002<0,05), ketanggapan (0,003<0,05), dan jaminan (0,014<0,05).

Kesimpulan: 

Ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien program prolanis di Puskesmas Kaladawa Kabupaten Tegal. Meskipun masih terdapat dimensi pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien yang cukup rendah yaitu pada dimensi perhatian dan ketanggapan.

 

Kata Kunci:

Covid-19, Patient Satisfaction, Health services, Prolanis

 

Sumber:

IJPHN 2 (1) (2022) 83-92

Indonesian Journal of Public Health and Nutrition

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN

P-ISSN 2798-4265 E-ISSN 2776-9968

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan