ANALISIS PENDAPATAN PENGEMUDI OJEK ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID19 DI KOTA SALATIGA
ANALISIS
PENDAPATAN PENGEMUDI OJEK ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID19 DI KOTA SALATIGA
Heber
Andrew Riyan Mallo , Paskah Ika Nugroho
Fakultas
Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Abstrak
Go-Jek merupakan perusahaan penyedia layanan
transportasi berbasis online yang menggunakan sistem informasi akuntansi.
Physical distancing diterapkan untuk menekan penyebaran virus korona oleh
pemerintah yang berdampak pada sektor transportasi. Tujuan penelitian ini
adalah menganalisis pendapatan pengemudi ojek online perusahaan Go-Jek di kota
Salatiga selama masa pandemi COVID-19 dengan dua layanan utama pada masa
pandemi yakni Go-Ride dan Go-Food. Penelitian ini melibatkan 20 pengemudi
Go-Jek yang telah diwawancarai, 10 pengemudi untuk layanan Go-Ride dan 10
pengemudi untuk layanan Go-Food. Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun
pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan pendapatan bagi para pengemudi,
pengemudi layanan Go-Ride tidak mengalami penurunan yang signifikan dibanding
pengemudi layanan GoFood.
Kata kunci :
Pendapatan, Sistem Informasi Akuntansi, Pandemi
COVID-19
Sumber:
JURNAL AKUNTANSI PROFESI
Volume 12 Nomor 1 2021, 67 – 76
Komentar
Posting Komentar