DASAR DASAR PENELITIAN BISNIS
A. Pengertian Penelitian Bisnis
Penelitian adalah proses investigasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah, baik masalah praktis maupun masalah teoretis yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah
B. Jenis
Penelitian
Jenis
Penelitian jika dilihat dari berbagai dasar pembagian
1.
Tujuan
a.
Penelitian
Eksploratif → untuk memberikan penjelasan mengenai konsep/pola
b.
Penelitian
Pengembangan → untuk mengembangkan, memperluas hasil penelitian
c.
Penelitian
Verifikatif → untuk menguji kembali hasil penelitian sebelumnya
2.
Penggunaan
Hasil
a.
Penelitian
Murni → untuk mengevaluasi atau mengembangkan sebuah teori sebelummnya
b.
Penelitian
Terapan → untuk mendapatkan informasi yang digunakan untuk memecahkan masalah
secara praktis
3.
Bidang
Ilmu
a.
Penelitian
Bidang Sosial → ilmu yang mempelajari aspek yang berhubungan dengan manusia dan
lingkungan sosialnya
b.
Penelitian
Bidang Eksakta → ilmu yang mempelajari tentang hal hal bersifat nyata
4.
Dimensi
Waktu
a.
Longtudinal
(time series) → pengambilan data dari waktu ke waktu
b.
Cross
Section → pengambilan data pada satu waktu
5.
Pendekatan
a.
Penelitian
Deduktif → dilakukan berdasarkan teori untuk menyusun hipotesis
b.
Penelitian
Induktif → dilakukan berdasarkan beberapa kali pengujian untuk mendapat pola keteraturan
6.
Tingkat
Eksplanasi
a.
Penelitian
Deskriptif → dilakukan untuk menganalisis satu atau lebih variabel yang lain
b.
Penelitian
Komparatif → penelitian yang membandingkan dari sampel satu ke sampel yang lain
c.
Penelitian
Asosiatif → untuk menganalisis hubungan atau pengaruh antara dua variable atau
lebih
7.
Tempat
a.
Penelitian
Perpustakaan → dilakukan dengan menggunakan bahan bahan karya tulis atau bahan
perpustakaan (literatur)
b.
Penelitian
Lapangan → penelitian yang langsung dilakukan di lapangan sehingga memperoleh
hasil yang nyata
c.
Penelitian
Laboratorium → dilakukan pada tempat tertentu atau laboratorium
8.
Pengendalian
Variabel
a.
Penelitian
Survei → peneliti tidak melakukan tindakan manipulasi terhadap variable yang
diteliti, peneliti hanya melaporkan apa adanya
b.
Penelitian
Eksperimental → peneliti berusaha untuk mengendalikan atau melakukan uji coba
(manipulasi) terhadap variable yang diteliti
9.
Tarif
Penelitian
a.
Penelitian
Deskriptif → menggambarkan keadaan suatu objek tanpa melakukan pengujian
hipotesis
b.
Penelitian
Inferensi → melakukan penarikan simpulan dengan melakukan pengujian hipotesis
10.
Kehadiran
Variabel
a.
Historis → dilakukan dengan pengumpulan dan penafsiran fenomena yang terjadi pada masa
lampau
b.
Eks
Pos Fakto → dilakukan dengan meneliti peristiwa yang telah terjadi
c.
Eksperimen → dilakukan terhadap objek penelitian serta melakukan control terhadap variable
lain secara ketat
11.
Analisis
Data
a.
Penelitian
Kualitatatif → penelitian yang didasarkan pada data kualitatif yaitu data yang
tidak berbentuk angka hanya berbentuk pernyataan
b.
Penelitian
Kuantitatif → penelitian yang didasarkan pada data kuantitatif yaitu data
berbentuk angka atau bilangan
C Ruang
Lingkup Penelitian Bisnis
1.
Bidang
keuangan dan akuntansi
Topik penelitian yang
ada pada bidang ini misalnya pembiayaan perusahaan, analisis rasio keuangan,
metode penentuan biaya dan perpajakan
2.
Bidang
pemasaran
Topik penelitian yang
ada pada bidang ini misalnya promosi, penentuan saluran distribusi,
pengembangan produk dan penetapan harga
3.
Bidang
sumber daya manusia
Topik penelitian yang
ada pada bidang ini misalnya sikap dan perilaku karyawan, motivasi kerja dan
produktivitas karyawan
4.
Bidang
operasional dan system informasi
Topik penelitian yang
ada pada bidang ini misalnya penentuan kombinasi produk, kualitas produk dan
penetuan lokasi pabrik
D. Itegritas
Penelitian Tugas Akhir (Skripsi/Tesis/Disertasi)
1.
Plagiarisme,
yaitu pengambilan pendapat atau karya orang lain dan dijadikan seolah-olah
sebagai pendapat/karya sendiri
2.
Fabrikasi,
yaitu kegiatan mengarang data atau hasil penelitian sehingga seolah-olah
seperti telah melakukan pengambilan data dan penelitian dengan benar
3.
Falsifikasi,
yaitu kegiatan mengarang data atau hasil penelitian agar sesuai dengan
keinginan peneliti/pembimbing/sponsor
4.
Ghosting,
yaitu kegiatan menggunakan jasa orang lain untuk mengerjakan atau membuat karya
ilmiah
5.
Gratifikasi,
yaitu usaha menyenangkan pihak lain dengan memberikan sesuatu yang berbentuk
benda maupun non benda
Sumber:
Buku: Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, &
Disertasi
Penulis: Suliyanto
Tahun: 2018
Komentar
Posting Komentar