PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UNYIL DURIAN PEKANBARU
PENGARUH HARGA, KUALITAS
PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UNYIL DURIAN
PEKANBARU
Jone's Christentio Rikin
Fathorrahman
Theresia Pradiani
Manajemen Bisnis / ASIA Malang
ABSTRAK
Dalam dunia bisnis terdapat persaingan untuk merebut
hati pelanggan. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut para pelaku
bisnis khususnya dibidang buah durian dimana salah satunya adalah Unyil Durian
Pekanbaru untuk memaksimalkan kinerjanya. Salah satu tantangannya adalah
bagaimana menciptakan keputusan pembelian terhadap produk Unyil Durian
Pekanbaru sehingga pelanggan tetap bertahan melakukan keputusan pembelian ulang
di Unyil Durian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa
pengaruh harga, kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap keputusan
pembelian di Unyil Durian Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling, dengan
teknik purposive sampling, yaitu sampel yang pernah membeli produk Unyil Durian
Pekanbaru. Sampel atau responden didalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang
berada di Kota Pekanbaru serta metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis
data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian
hipotesis yaitu koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian secara
parsial menyimpulkan bahwa (1) Harga berpengaruh negatif signifikan terhadap
keputusan pembelian, (2) Kualitas Produk berpengaruh signifikan dan positif
terhadap Keputusan pembelian, (3) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan dan
positif terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan menyimpulkan bahwa harga,
kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayananan
Keputusan Pembelian.
Sumber publikasi Pendas: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dasar; Vol. 10 No. 01 (2025), Volume 10 Nomor 01 Maret 2025
Komentar
Posting Komentar