Pengaruh Performance, Green Perceived Value, dan Perceived Risk Terhadap Minat Beli Mobil Listrik pada Pemilik Mobil Konvensional
Pengaruh Performance, Green
Perceived Value, dan Perceived Risk Terhadap Minat Beli Mobil Listrik pada
Pemilik Mobil Konvensional
Rangga Satria Pratista
Hamzah Gunawan
Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi,
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Abstrak
Seiring dengan meningkatnya kesadaran terhadap gaya
hidup ramah lingkungan, industri otomotif dihadapkan pada tantangan besar dalam
memperkenalkan teknologi ramah lingkungan, salah satunya adalah mobil listrik.
Meskipun demikian, adopsi mobil listrik di Indonesia masih terbilang rendah,
dengan pangsa pasar hanya mencapai 1,7% pada tahun 2023. Oleh karena itu,
produsen mobil perlu merancang strategi pemasaran yang tidak hanya
mengedepankan kualitas produk, tetapi juga memperkuat persepsi konsumen mengenai
kinerja mobil listrik, meningkatkan kesadaran terhadap manfaat lingkungan,
serta mengurangi persepsi risiko yang terkait dengan teknologi ini. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh performance, green perceived value,
dan perceived risk terhadap minat beli mobil listrik di kalangan pemilik mobil
konvensional di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
104 responden. Data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji instrumen menunjukkan
bahwa data yang dikumpulkan valid dan reliabel, serta model regresi yang
digunakan terbebas dari multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Penelitian
ini menemukan bahwa: (1) performance berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli mobil listrik, (2) green perceived value berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli mobil listrik, dan (3) perceived risk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mobil listrik.
Kata Kunci: Performance, Green Perceived Value,
Perceived Risk, Minat Beli, Mobil Listrik
Sumber publikasi HEMAT: Journal of
Humanities Education Management Accounting and Transportation; Vol. 2 No. 1
Februari 2025
Komentar
Posting Komentar