PERAN TRUST DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA
PERAN TRUST DALAM
MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP REPURCHASE
INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA
Meisa Alvioni Syamsudin
Leni Evangalista Marliani
Universitas Jenderal Achmad
Yani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran
trust dalam memediasi pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness
terhadap repurchase intention pada aplikasi Tokopedia. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Tokopedia
yang berdomisili di Kota Bandung. Sampel
diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden 17-64 tahun
yang telah melakukan transaksi minimal dua kali di aplikasi Tokopedia. Jumlah
sampel pada penelitian ini berjumlah 120 reponden. Data dikumpulkan melalui kuesioner
online berdasarkan skala Likert5-poin dan analisis menggunakan regresi berganda
serta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use dan
perceived usefulness berpengaruh positif terhadap trust. Perceived ease of use, perceived usefulness
dan trust berpengaruh positif terhadap repurchase intention. Pada uji sobel
mengindikasikan bahwa trust mampu memediasi pengaruh antara perceived ease of
use maupun perceived usefulness terhadap repurchase intention. Penelitian ini
memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi e-commerce dalam
meningkatkan minat beli ulang pelanggan.
Kata Kunci: Perceived Ease Of Use, Perceived
Usefulness, Trust, Repurchase Intention.
Sumber publikasi Vol. 14 No. 1 (2025): JURNAL LENTERA
BISNIS, JANUARI 2025
Komentar
Posting Komentar