PERAN TRUST DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA

 

PERAN TRUST DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA

 

Meisa Alvioni Syamsudin

Leni Evangalista Marliani

Universitas Jenderal Achmad Yani

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran trust dalam memediasi pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap repurchase intention pada aplikasi Tokopedia.  Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Tokopedia yang berdomisili di Kota Bandung.  Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden 17-64 tahun yang telah melakukan transaksi minimal dua kali di aplikasi Tokopedia. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 120 reponden. Data dikumpulkan melalui kuesioner online berdasarkan skala Likert5-poin dan analisis menggunakan regresi berganda serta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh positif terhadap trust.  Perceived ease of use, perceived usefulness dan trust berpengaruh positif terhadap repurchase intention. Pada uji sobel mengindikasikan bahwa trust mampu memediasi pengaruh antara perceived ease of use maupun perceived usefulness terhadap repurchase intention. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi e-commerce dalam meningkatkan minat beli ulang pelanggan.

 

Kata Kunci: Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Trust, Repurchase Intention.

 

Sumber publikasi Vol. 14 No. 1 (2025): JURNAL LENTERA BISNIS, JANUARI 2025

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan