DETERMINAN MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL BANKING SYARIAH PADA GENERASI Z DI KOTA MALANG
DETERMINAN MINAT MENGGUNAKAN
LAYANAN DIGITAL BANKING SYARIAH PADA GENERASI Z DI KOTA MALANG
Nailal Maghfiro
Eka Wahyu Hestya Budianto
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk menguji variabel-variabel yang mempengaruhi minat
menggunakan layanan digital banking syariah dan pengaruhnya terhadap Generasi Z
di Kota Malang. Analisis ini menggunakan empat variabel: variabel keamanan
(X1), variabel kenyamanan (X2), variabel kepercayaan (X3), dan variabel minat
(Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Data primer pada penelitian ini memanfaatkan data kuesioner yang
didistribusikan melalui gform. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z
di Kota Malang serta sampel sejumlah 120 responden. Teknik probability sampling
dan metode propotional random sampling digunakan dalam pengambilan sampel
penelitian. Data dianalisis dan diuji menggunakan aplikasi SPSS 24. Berdasarkan
hasil penelitian menunujukkan bahwa variabel keamanan, kenyamanan, dan
kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan layanan digital
banking syariah pada generasi Z di Kota Malang. Dapat disimpulkan apabila salah
satu dari variabel-variabel bebas tersebut menurun, maka minat menggunakan
layanan digital banking syariah pun berkurang.
Kata
Kunci: Keamanan; Kenyamanan; Kepercayaan; Minat; Layanan Digital Banking;
Generasi Z
Sumber
publikasi DIMENSI, Volume 13 Nomor 2, JULI 2024
Komentar
Posting Komentar