DETERMINAN MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL BANKING SYARIAH PADA GENERASI Z DI KOTA MALANG

 

DETERMINAN MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL BANKING SYARIAH PADA GENERASI Z DI KOTA MALANG

 

Nailal Maghfiro

Eka Wahyu Hestya Budianto

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel-variabel yang mempengaruhi minat menggunakan layanan digital banking syariah dan pengaruhnya terhadap Generasi Z di Kota Malang. Analisis ini menggunakan empat variabel: variabel keamanan (X1), variabel kenyamanan (X2), variabel kepercayaan (X3), dan variabel minat (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer pada penelitian ini memanfaatkan data kuesioner yang didistribusikan melalui gform. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z di Kota Malang serta sampel sejumlah 120 responden. Teknik probability sampling dan metode propotional random sampling digunakan dalam pengambilan sampel penelitian. Data dianalisis dan diuji menggunakan aplikasi SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa variabel keamanan, kenyamanan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan layanan digital banking syariah pada generasi Z di Kota Malang. Dapat disimpulkan apabila salah satu dari variabel-variabel bebas tersebut menurun, maka minat menggunakan layanan digital banking syariah pun berkurang.

 

Kata Kunci: Keamanan; Kenyamanan; Kepercayaan; Minat; Layanan Digital Banking; Generasi Z

 

Sumber publikasi DIMENSI, Volume 13 Nomor 2, JULI 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan