PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN AFILIASI PENJUAL TERHADAP BRAND EQUITY PADA UMKM DI KOTA LHOKSEUMAWE

 

PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN AFILIASI PENJUAL TERHADAP

BRAND EQUITY PADA UMKM DI KOTA LHOKSEUMAWE

 

Abdullah Abdullah

Koko Bustami

Yafitzam Yusuf

Dina Hendiyani

Muhammad Saifrizal

Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media dan afiliasi penjual terhadap brand equity. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada 102 sampel UMKM di Kota Lhokseumawe dan dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media dan afiliasi penjual memiliki pengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap brand equity. Sosial media memiliki pengaruh yang dominan terhadap brand equity dengan nilai t hitung 3,105 yang lebih besar dari nilai t table 1.29007 dengan taraf signifikansi 0,002. Afiliasi penjual juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai t hitung 12,224 yang lebih besar dari nilai t tabel 1.29007 dengan taraf signifikansi 0,002. Pengaruh simultan antara sosial media dan afiliasi penjual juga signifikan dengan nilai F hitung 93,350 yang lebih besar dari nilai F tabel3.09 dengan taraf signifikansi 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang terintegrasi dengan sosial media dan afiliasi penjual dapat meningkatkan brand equity.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Afiliasi Penjual, Brand, dan Brand Equity

 

Sumber publikasi Jurnal Bina Bangsa Ekonomika (JBBE) [IN PRESS]; Vol. 18 No. 1 (2025)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan