PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN AFILIASI PENJUAL TERHADAP BRAND EQUITY PADA UMKM DI KOTA LHOKSEUMAWE
PENGARUH MEDIA
SOSIAL DAN AFILIASI PENJUAL TERHADAP
BRAND EQUITY PADA
UMKM DI KOTA LHOKSEUMAWE
Abdullah Abdullah
Koko Bustami
Yafitzam Yusuf
Dina Hendiyani
Muhammad Saifrizal
Universitas Islam Kebangsaan
Indonesia
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media dan afiliasi penjual
terhadap brand equity. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada 102 sampel
UMKM di Kota Lhokseumawe dan dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sosial media dan afiliasi penjual memiliki
pengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap brand
equity. Sosial media memiliki pengaruh yang dominan terhadap brand equity
dengan nilai t hitung 3,105 yang lebih besar dari nilai t table 1.29007 dengan
taraf signifikansi 0,002. Afiliasi penjual juga memiliki pengaruh yang signifikan
dengan nilai t hitung 12,224 yang lebih besar dari nilai t tabel 1.29007 dengan
taraf signifikansi 0,002. Pengaruh simultan antara sosial media dan afiliasi
penjual juga signifikan dengan nilai F hitung 93,350 yang lebih besar dari
nilai F tabel3.09 dengan taraf signifikansi 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi
pemasaran yang terintegrasi dengan sosial media dan afiliasi penjual dapat
meningkatkan brand equity.
Kata
Kunci: Media Sosial, Afiliasi Penjual, Brand, dan Brand Equity
Sumber
publikasi Jurnal
Bina Bangsa Ekonomika (JBBE) [IN PRESS]; Vol. 18 No. 1 (2025)
Komentar
Posting Komentar