Pengaruh E-Trust, Online CustomerReviewdan Online CustomerRating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu
Pengaruh E-Trust, Online
CustomerReviewdan Online CustomerRating Terhadap Keputusan Pembelian pada
E-Commerce Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu
Julita Nesti Amanda
M. Noor Armi
Veny Puspita
Universitas Prof. DR. Hazairin SH
ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh e-trust, online
customer review, dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada
E-commerce Tokopedia pada generasi Z di Kota Bengkulu. Adapun populasi dalam
penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli produk di e-commerce
Tokopedia pada generasi Z di Kota Bengkulu dan jumlah responden nya sebanyal 110
responden. Metode penelitian ini adalah (explanatory research). Pengambilan
sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik non-probability sampling.
Pada penelitian ini pengumpulan data diperoleh dari kuesioner dengan media
Google Form yang akan disebar secara online dan offline. Pengujian data akan
diolah menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian hipotesis pertama menunjukkan
e-trust (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y)
Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu, hasil penelitian hipotesis kedua
menunjukkan online customer review (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan
pembelian (Y) Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu, hasil hipotesis
ketiga menunjukkan online customer rating (X3) berpengaruh terhadap keputusan
pembelian (Y) Tokopedia pada Generasi Z
di Kota Bengkulu, hasil hipotesis ke empat menunjukkan e-trust, online customer
rating, online customer review secara bersamaan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu.
Kata
kunci: kepercayaan, ulasan pelanggan online, ulasan pelanggan online dan
online, dan keputusan pembelian.
Sumber
publikasi Vol. 3 No. 4
(2024): Economic Reviews Journal
Komentar
Posting Komentar