Pengaruh E-Trust, Online CustomerReviewdan Online CustomerRating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu

 

Pengaruh E-Trust, Online CustomerReviewdan Online CustomerRating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu

 

Julita Nesti Amanda

M. Noor Armi

Veny Puspita

Universitas Prof. DR. Hazairin SH

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh e-trust, online customer review, dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada E-commerce Tokopedia pada generasi Z di Kota Bengkulu. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli produk di e-commerce Tokopedia pada generasi Z di Kota Bengkulu dan jumlah responden nya sebanyal 110 responden. Metode penelitian ini adalah (explanatory research). Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik non-probability sampling. Pada penelitian ini pengumpulan data diperoleh dari kuesioner dengan media Google Form yang akan disebar secara online dan offline. Pengujian data akan diolah menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian hipotesis pertama menunjukkan e-trust (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu, hasil penelitian hipotesis kedua menunjukkan online customer review (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu, hasil hipotesis ketiga menunjukkan online customer rating (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y)  Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu, hasil hipotesis ke empat menunjukkan e-trust, online customer rating, online customer review secara bersamaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: kepercayaan, ulasan pelanggan online, ulasan pelanggan online dan online, dan keputusan pembelian.

 

Sumber publikasi Vol. 3 No. 4 (2024): Economic Reviews Journal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan